Tanpa Heat Styler, Begini Trik Blow Rambut Agar Tetap Sehat

Karla Farhana13 Mar 2019, 06:30 WIB
[Fimela] Meluruskan Rambut

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut bergelombang kadang membuatmu ingin mencoba berganti gaya tatanan rambut untuk acara-acara tertentu. Meluruskan rambut menggunakan heat styling memang akan memangkas banyak waktu. Namun sayang, lempengan panasnya lama-lama akan merusak rambut. 

Pasalnya, tulis Elle Magazine, lempengan panas itu akan membuka kutikula rambut sehingga rambut dapat tertarik dan menjadi lurus. Namun, kutikula akan tetap terus terbuka ketika terlalu sering menggunakan alat pelurus rambut yang menggunakan lempengan panas. 

Karena itu, sebaiknya gunakan heat protectant sebelum mencatok rambut. Selain itu juga, ada banyak cara lain yang lebih aman bagi kesehatan rambut. Salah satunya dengan menggunakan hair roller. 

Alat yang sudah lama dipakai ini sebenarnya berguna untuk menambah volume rambut, juga membuat rambut sedikit berombak. Tepai dengan beberapa trik sederhana, hair roller juga bisa meluruskan atau blowout rambut tanpa menggunakan lempengan panas. 

 

Serum, Mousse, dan Sisir

Ilustrasi rambut lurus
Ilustrasi rambut lurus (sumber: Unsplash)

Sebelum styling rambutmu, cuci bersih menggunakan sampo. Jangan lupa juga untuk menggunakan conditioner agar rambut lembut dan mudah diatur. Kemudian, tambahkan serum rambut agar akar dan batang rambut tetap kuat. 

Jika tidak ada serum rambut, vitamin rambut juga dapat membantu memelihara kesehatan mahkota alamimu. Setelah itu, pada saat rambut masih lembab, aplikasikan mousse rambut. 

Kemudian, ambil sedikit bagian rambutmu, sisir menggunakan sisir bergigi rapat, kemudian tarik hingga helai-helai rambut lurus. Kemudian gunakan hair roller berukuran besar, kemudian jepit dengan penjepit rambut panjang. Ulangi tahap ini hingga selesai. Kemudian, diamkan beberapa jam atau hingga rambut kering. 

Setelah itu, buka hair roller perlahan satu demi satu. Rambut memang akan sedikit menggulung, namun jangan khawatir. Karena kamu bisa menyisir rambutmu sehingga rambut tertata rapi dan lebih lurus. Selamat mencoba! 

Lanjutkan Membaca ↓