Pahami Konsep Tradisi Pengobatan Kuno Ayurveda Dilihat dari Sisi Kecantikan

Beauty Journal12 Mar 2019, 10:15 WIB
Ayurveda

Fimela.com, Jakarta Kondisi kulit yang terlihat dari luar seringkali mencerminkan segala sesuatu yang berasal dari dalam. Nah, ada sebuah tradisi pengobatan kuno dari India bernama Ayurveda yang menganggap bahwa kecantikan kulit ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh perawatan dari luar saja, melainkan juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan baik secara fisik maupun mental. Ingin tahu lebih dalam tentang bagaimana tradisi pengobatan kuno ayurveda bila dilihat dari segi kecantikan? Simak penjelasannya dibawah ini!

Apa itu Ayurveda?

Ayurveda adalah satu metode pengobatan kuno yang telah diterapkan lebih dari 5000 tahun di India. Menurut konsep Ayurveda, kesehatan bersifat holistik atau menyeluruh karena dilihat dari berbagai aspek, baik dari segi fisik, mental maupun spiritual. Meskipun terkesan tradisional karena sudah digunakan sejak ribuan tahun dan menggunakan bahan-bahan alami untuk pengobatannya, Ayurveda ternyata sudah banyak dipraktikkan bahkan digunakan bersamaan dengan metode pengobatan modern karena memberikan banyak manfaat baik bagi kecantikan, perawatan kesehatan tubuh, serta kesehatan pikiran dan mental.

Baca Juga: 5 Hal Tentang Ayurveda, Tradisi Pengobatan Holistik Tertua yang Perlu kamu Ketahui

Ayurveda Dilihat dari Segi Kecantikan

Bila dilihat dari pandangan Ayurveda, sama halnya dengan kesehatan, kecantikan pun juga bersifat holistik atau menyeluruh. Artinya, sebanyak apapun produk kecantikan yang Sahabat Fimela gunakan untuk perawatan tubuh, semuanya tidak akan maksimal bila juga tidak merawat kondisi tubuh secara fisik dan mental dengan baik. Karena kembali lagi, menurut ayurveda kecantikan yang terpancar di luar akan dipengaruhi juga oleh kondisi tubuh dan juga mental dari dalam.

Seperti kondisi kesehatan yang kurang baik yang akan membuat kulit menjadi terasa kering, atau pikiran stres yang akan memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Untuk bisa memiliki kulit yang tampak sehat dan bebas masalah, perlu adanya perawatan dari dalam untuk memastikan kondisi fisik dan mental juga terjaga. Karenanya, tak jarang masalah kulit seperti kulit kusam, jerawat, breakout hingga tkamu-tkamu penuaan dini yang muncul bisa juga disebabkan oleh kondisi hormon yang tidak seimbang dan pikiran yang sedang stres.

2 of 2

Mempraktikkan Ayurveda untuk Mendapatkan Kecantikan Secara Holistik

Ayurveda
Ayurveda/copyright shutterstock

Sudah menggunakan beragam produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat membandel tetapi tak kunjung mendapatkan kulit yang mulus dan glowing? Jangan terburu-buru menyalahkan produk yang kamu pakai, karena bisa saja masalah kulit yang kamu alami muncul karena kondisi kesehatan dan mental yang kurang baik. Bila kamu mengalami kondisi yang sama, mungkin sudah saatnya untuk mempraktikkan metode ayurveda untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang tak kunjung teratasi.

Dalam konsep ayurveda tubuh manusia terbagi menjadi tiga tipe atau karakteristik yang disebut dengan dosha, yaitu Pitta, Vata dan Kapha. Nah. sebelum mempraktikkan metode ayurveda untuk mengatasi beragam masalah serta mendapatkan kulit yang sehat bersinar, kamu perlu mengetahui karakteristik tubuh berdasarkan ayurveda. Jika kulit kamu agak kasar, kering, serta rambut keriting, Sahabat Fimela memiliki dosha Vata yang lebih dominan.

Pitta (Api): Bila kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif serta mudah berjerawat, rambut tipis dan mudah beruban, dosha Pitta adalah yang paling dominan dalam tubuh kamu. Sedangkan untuk kamu dengan dosha kapha yang lebih dominan, akan dimiliki kulit yang cenderung berimnyak dan rambut yang tebal.

Setelah mengetahui tipe atau karakteristik tubuh, baru bisa melakukan perawatan tubuh dan kecantikan yang tepat. Melakukannya dengan tepat sesuai karakteristik tubuh akan membuat perawatan yang dilakukan bekerja secara optimal. Salah satu hal penting untuk bisa mempraktikkan ayurveda demi mendapatkan kulit yang sehat, kamu disarankan untuk mengkamulkan bahan-bahan alami. Mengapa bahan alami? Karena tradisi pengobatan ini percaya bahwa bahan alami bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kulit serta tidak memberikan efek samping yang berbahaya. Tak usah khawatir kerepotan menyiapkan bahan-bahan alaminya, ladies, karena kini telah banyak produk kecantikan yang dibuat menggunakan bahan-bahan natural berkualitas, kok. Untuk bisa memilih produk yang tepat, pastikan melakukan patch test terlebih dahulu, ya.

Baca juga: Pentingnya Melakukan Patch Test Sebelum Menggunakan Skin Care di Seluruh Wajah

Dalam konsep ayurveda, selain penting untuk melakukan perawatan kulit dari luar menggunakan bahan-bahan dari alam yang dipercaya keampuhannya mengatasi beragam masalah kulit, kamu juga perlu melakukan perawatan tubuh dari dalam untuk memastikan kondisi kesehatan secara fisik dan mental tetap terjaga dan seimbang. Kunci untuk mendapatkan kulit cantik berdasarkan konsep ayurveda adalah dengan menjaga pola makan, memberikan nutrisi untuk kulit melalui makanan yang tepat, memiliki waktu tidur yang cukup, serta melakukan olahraga. Ketika kulit, tubuh, mental dan spiritual mendapatkan perawatan yang seimbang, maka dijamin kecantikan secara fisik juga akan terpancar yang ditkamui dengan kulit sehat dan bebas dari berbagai masalah.

Baca Juga: Tak Hanya Pikiran, Kulit Ternyata Juga Bisa Alami Stres. Ini Dia Gejalanya!

Lanjutkan Membaca ↓