Manfaat yang Bisa Dirasakan dengan Rutin Melakukan Steaming Wajah

Beauty Journal13 Mar 2019, 19:15 WIB
Steaming Wajah

Fimela.com, Jakarta Ada banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satu yang cukup populer dalam beberapa tahun belakangan adalah steaming wajah. Facial steaming atau steaming wajah, merupakan perawatan kulit menggunakan uap panas yang dihasilkan air panas atau facial steamer. Sahabat Fimela bisa melakukan perawatan ini sendiri di rumah atau dengan cara mengunjungi sauna. Tertarik untuk mencobanya? Berikut ini adalah manfaat steaming wajah yang perlu diketahui.

Membersihkan Kulit Secara Mendalam

Salah satu manfaat utama dari steaming wajah adalah membersihkan kulit secara mendalam. Uap panas yang dihasilkan akan membuat kotoran dan sebum yang terperangkap dalam pori-pori wajah menjadi lembek, sehingga lebih mudah dibersihkan menggunakan scrub maupun cleanser. Steaming wajah juga membuat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah melunak.

Membantu Penyerapan Skin Care

Rutin melakukan steaming wajah akan membuat skin care yang digunakan semakin efektif. Dengan terangkatnya sebum, kotoran dan bakteri, tidak ada lagi partikel-partikel yang menghalangi pori-pori kulit. Produk skin care pun dapat terserap dengan lebih baik dan akan memberikan hasil yang lebih baik juga. Tak hanya itu, steaming wajah juga mempercepat proses eksfoliasi kulit sehingga mencegah penumpukan sel kulit mati yang berpotensi menghambat penyerapan skin care.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Seputar Dermaplanning, Teknik Mencukur Wajah untuk Kulit yang Lebih Halus

Memperbaiki Sirkulasi Darah

Steaming wajah juga membantu memperlancar sirkulasi darah pada wajah. Dengan sirkulasi darah yang lebih lancar, kulit wajah akan menerima nutrisi dan oksigen yang lebih banyak, sehingga memberikan hasil akhir kulit wajah yang lebih sehat berkilau. Cocok sekali untukmu yang memiliki masalah dengan kulit kusam. Menariknya lagi, manfaat ini juga berguna untuk melawan tanda-tanda penuaan pada kulit, lho!

Membantu Mencegah Jerawat

Salah satu penyebab jerawat adalah pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, bakteri, atau sebum. Nah, seperti yang sudah dibilang sebelumnya, steaming wajah dapat melunakkan sebum yang teperangkap di dalam pori-pori, sehingga risiko terbentuknya jerawat bisa diminimalisir. Tak hanya untuk jerawat, steaming wajah juga bisa mengatasi masalah komedo.

Baca juga: Bolehkah Masker Wajah Digunakan Setiap Hari? Ini Jawaban dari Ahlinya!

Mengangkat Toksin

Seperti yang kita tahu, toksin memberikan dampak buruk bagi kulit. Jika dibiarkan, toksin dapat menumpuk dan menyebabkan kerusakan pada kulit. Maka itu, kita harus selalu melakukan perawatan kulit yang bisa mengangkan toksin dari kulit. Salah satu caranya adalah dengan melakukan steaming wajah. Saat wajah diuap, kulit akan mengeluarkan keringat. Nah, keringat inilah yang membawa toksin keluar dari kulit kita.