Alasan Rutin Menggunakan Eye Cream Namun Tak Ada Hasil yang Signifikan

Beauty Journal14 Mar 2019, 19:15 WIB
Eye cream

Fimela.com, Jakarta Mata merupakan salah satu area wajah yang paling pertama menunjukkan tanda-tanda penuaan. Meski awalnya hanya berupa garis halus, namun jika tidak dirawat, kulit di sekitarnya bisa lebih cepat menua dan keriput. Selain mengganggu penampilan, kerutan di area mata juga akan membuat aplikasi foundation dan concealer rentan creasing. Untuk mencegah hal tersebut, kamu pun bisa mengandalkan penggunaan eye cream sebagai solusinya. Namun, jika tak kunjung mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan eye cream, bisa jadi ini penyebabnya!

1. Eye cream tidak mengandung bahan aktif

Salah satu alasan mengapa eye cream tidak bekerja dengan maksimal dan tidak memberikan hasil yang diharapkan adalah karena produk yang digunakan tidak mengandung bahan aktif yang diperlukan untuk merawat area mata. ‘Tugas’ utama eye cream sendiri adalah untuk melembapkan kulit di area mata agar dapat menyamarkan garis halus. Namun, apabila memiliki permasalahan lain seperti lingkaran hitam, kantung mata, atau kerutan, tentu dibutuhkan eye cream dengan kandungan yang lebih spesifik. Mau tahu kandungan apa saja yang diperlukan dalam sebuah produk krim mata? Coba intip di sini!

Baca juga: Dalam Memilih Krim Mata, Ini Dia 5 Jenis Kandungan yang Perlu Dicari!

2. Makeup remover yang digunakan terlalu berminyak

eye cream
Ilustrasi eye cream/copyright shutterstock

Sudah bukan rahasia lagi bahwa cara termudah untuk membersihkan makeup waterproof di area mata adalah dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak. Nah, dalam proses membersihkan makeup ini, biasanya lapisan minyak akan tertinggal di atas kulit. Jika kamu tidak membersihkan residu minyak dengan baik, jangan heran kalau eye cream jadi kurang bekerja maksimal. Pasalnya, lapisan minyak ini dapat menghalangi bahan aktif dari eye cream untuk bekerja, karena tidak terserap ke dalam kulit. Oleh karena itu, jika menggunakan pembersih berbahan dasar minyak, jangan lupa untuk membersihkannya kembali dengan face wash, ya!

3. Tidak mengeksfoliasi area mata

Tahukah mengapa tahapan eksfoliasi sangat penting dan seringkali disebutkan dalam berbagai tips kecantikan? Eksfoliasi sendiri bertujuan untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk, di mana jika dibiarkan, tumpukan sel-sel kulit mati dapat menghalangi penyerapan kandungan ke dalam kulit dan membuat skin care tidak bekerja secara maksimal, termasuk eye cream. Memang sih, area kulit mata jauh lebih sensitif dan tidak bisa sembarangan dieksfoliasi. Namun, tetap bisa memilih gentle exfoliator seperti COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner atau Bioderma Sebium Exfoliating Gel untuk mengeksfoliasi area mata, kok!

Baca juga: Perlu Pakai Eye Cream Dari Umur Berapa Ya?

Lanjutkan Membaca ↓