Berbagai Cara untuk Mengatasi Rambut Statis yang Mengganggu

Beauty Journal18 Mar 2019, 12:35 WIB
Rambut

Fimela.com, Jakarta Rambut statis adalah kondisi di mana beberapa helai rambut tampak kering dan melayang, serta umumnya banyak dialami oleh mereka yang memiliki jenis rambut tipis dan lurus. Kondisi ini terjadi karena rambut yang pada dasarnya memiliki kandungan elektron tidak mendapat kelembapan yang baik, khususnya saat berada di cuaca yang kering seperti musim kemarau.

Jika sering kesal dengan penampilan rambut yang tampak berantakan serta beberapa helai yang terlihat mencuat dan kering, maka ada baiknya untuk mulai memerhatikan perawatan rambut lebih dalam. Mulai dari memilih produk pengering rambut hingga memerhatikan material sisir yang digunakan. Nah, agar penampilan rambut terlihat lebih rapi, terutama saat cuaca terasa kering dan panas, sebaiknya mulai rutin lakukan berbagai hal berikut sebagai pencegahan.

Gunakan pengering rambut berteknologi Ion

Bagi pemilik rambut lurus dan tipis yang rentan mengalami rambut statis ada baiknya untuk menggunakan pengering rambut yang memiliki kandungan ion. Karena pengering rambut jenis ini memancarkan ion negatif dan memisahkan molekul air menjadi partikel yang lebih kecil dan menjaga kelembapan rambut, selain itu ion negatif akan menyeimbangkan elektron di rambut kamu dan mencegah terjadinya listrik statis. Pengering rambut berteknologi ion juga mampu mengeringkan rambut dengan menekan suhu panas yang menjaga rambutmu dari listrik statis.

Manfaatkan hair spray

Hair spray
Manfaatkan hair spray/copyright shutterstock

Menyemprotkan hair spray pada sisir tak hanya dapat mencegah rambut statis tapi juga turut mendistribusikan produk dengan sempurna ke seluruh area rambut. Selain itu cara ini juga cukup efektif dalam mengurangi bintik putih yang ditimbulkan produk hair spray. Namun perhatikan takarannya dan jangan gunakan secara berlebihan, seain itu pilih hair spray yang tidak mengandung alkohol, agar rambut tidak kering.

Baca juga: Beri Nutrisi Sekaligus Rawat Rambut Kering dengan 5 Produk Perawatan Rambut Berikut

Gunakan produk rambut tanpa bilas

Untuk mencegah rambut statis yang mengganggu, juga perlu selalu menyediakan produk kondisioner tanpa bilas yang berukuran kecil agar praktis dibawa kemana saja. Saat rambut tampak kering, kamu bisa mengaplikasikan kondisioner ini di area rambut untuk menjaga kelembapan sekaligus memberi perlindungan rambut dari listrik statis. Serupa dengan penggunaan hair spray, sebaiknya pengaplikasikan produk ini juga menggunakan sisir agar distribusi produk tampak lebih merata di seluruh area rambut.

Rutin mengaplikasikan minyak rambut

Rambut kering dan rapuh lebih rentan mengalami listrik statis karena kurangnya kelembapan. Coba mulai rutin lakukan perawatan dengan menggunakan minyak rambut alami, seperti jojoba oil, coconut oil, olive oil, almond oil, dan argan oil. Tuangkan 2-3 tetes dan aplikasikan pada bagian ujung rambut yang kering, lalu sisir dengan lembut. Lakukan rutinitas ini sebelum menggunakan produk pengering rambut, atau alat catok yang menghantarkan suhu panas.

Hindari sisir bermaterial plastik

Meski sepele, tetapi pemilihan material sisir juga bisa memberi pengaruh pada penampilan rambut kamu. Sebaiknya hindari sisir bermaterial plastik, karena hal ini akan meningkatkan listrik statis pada rambut. Sebaiknya pilih material sisir berupa logam, kayu maupun keramik yang tidak menimbulkan reaksi listrik statis pada rambut.

Baca juga: Ingin Punya Rambut Sehat? Yuk, Mulai Hindari Hal-Hal Berikut Saat Mengeringkan Rambut!

Lanjutkan Membaca ↓