Jangan Asal Beli dan Pakai, Simak di Sini Fungsi dari Makeup Anti Keringat

Annissa Wulan22 Mar 2019, 18:30 WIB
[Fimela] Olahraga di gym

Fimela.com, Jakarta Saat ini tren kecantikan tidak hanya merilis berbagai produk makeup anti air, namun juga anti keringat. Produk makeup anti keringat diklaim memungkinkan penggunanya untuk melakukan banyak aktivitas sepanjang hari, tanpa harus touch up.

Namun, sebelum membahasnya lebih jauh, tahukah kamu apa itu makeup anti keringat? Produk makeup anti keringat adalah produk tahan air, bebas minyak, dan non komedogenik, yang kandungannya berubah dari waktu ke waktu.

Sekarang banyak produk makeup anti keringat diperkaya dengan kandungan vitamin, SPF, dan antioksidan. Konsepnya sama, tahan air untuk membuat produknya sulit dibersihkan, bebas minyak agar produk tidak terperangkap di dalam pori-pori, dan non komedogenik untuk meminimalisir munculnya jerawat, seperti dilansir dari brit.co, Rabu (20/3/2019).

Lantas, apakah produk makeup anti keringat benar-benar bisa digunakan selama kamu olahraga, tanpa membahayakan kulit? Dari sudut pandang dermatologis, makeup dan keringat tidak pernah menjadi kombinasi yang baik.

Ketika panas, tubuh secara alami menjadi dingin dengan berkeringat yang keluar melalui pori-pori. Namun, jika pori-pori tertutupi oleh makeup, ini dapat menyebabkan penyumbatan yang akhirnya menjadi jerawat.

Langkah aman mengaplikasikan makeup untuk olahraga

Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga. Sumber foto: unsplash.com/Christopher Campbell.

Berikut ini adalah beberapa langkah terbaik yang bisa kamu lakukan jika memang harus makeup ketika olahraga. Penasaran?

1. Siapkan kulit wajah dengan primer

Primer bebas minyak yang berkualitas memberikan dasar yang baik untuk makeup anti keringat. Selain itu, primer juga memungkinkan makeup tahan lebih lama.

2. Gunakan foundation berbasis silikon

Pastikan untuk menggunakan foundation dengan cakupan yang ringan, karena cakupan yang berat memiliki lebih banyak pigmen dan lebih berisiko membuat produk terperangkap di dalam pori-pori.

3. Selalu memilih produk dengan tekstur cair

Seperti pelembap dan krim berwarna karena akan tetap ringan dipakai ketika kamu berolahraga.

4. Gunakan tabir surya di bibir

Jangan hanya menggunakan tabir surya pada kulit tubuh saja, bibir juga memerlukan perlindungan terhadap paparan sinar matahari. Pilihlah warna bibir yang berkilau.

5. Gunakan setting makeup

Gunakan setting makeup dengan tekstur bubuk atau spray tanpa kandungan alkohol untuk mengunci makeup anti keringat-mu tetap di tempatnya ketika berolahraga. Selain itu, pilih produk yang tidak akan membuat kulitmu kering.

6. Membenahi makeup dengan semprotan

Jika kulit wajahmu berkeringat, jangan melakukan touch up dengan mengaplikasikan bedak tabur, namun semprotkan toner atau gunakan kertas minyak. Trik ini tidak akan merusak makeup, walaupun kamu sudah berkeringat.

7. Mencuci muka sesegera mungkin

Setelah olahraga, jangan tunda untuk mencuci muka. Tidak ada pengecualian.

Lanjutkan Membaca ↓