Sukses

Beauty

Rambut Rontok Sudah Biasa, Kamu Harus Khawatir Jika...

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu terbiasa dengan rambut rontok sehari-hari? Namun, pasti ada momen di mana kamu menyadari banyaknya rambut rontok lebih dari hari-hari biasanya, tersangkut di sisir atau saluran pembuangan di kamar mandi.

Rambut rontok sebenarnya kondisi yang normal. Rambut memiliki siklus, di mana ia tumbuh, kemudian rontok, jumlahnya bisa mencapai 50 sampa 150 helai dalam sehari.

Fase alami rambut adalah pertumbuhan yang berlangsung antara 2 sampai 7 tahun, transisi sekitar 2 minggu, istirahat, dan rontok. Dilansir dari parade.com, jika kamu mendapati rambut rontok secara berlebihan, mungkin beberapa hal di bawah ini bisa menjadi alasannya.

1. Menguncir rambut terlalu ketat

Kuncir kuda atau kepang yang terlalu ketat dapat menyebabkan rambut rontok dan merusak folikel. Mengubah gaya rambut bisa mencegah rambut rontok, namun berhati-hati ketika folikel mengalami kerusakan terlalu banyak, kerontokan bisa menjadi permanen.

2. Stres fisik yang ekstrem

Perubahan drastiss dalam tubuh dapat menyebabkan rambut rontok sementara, seperti melahirkan, penurunan berat badan yang cepat, operasi, dan penyakit tertentu. Namun, kamu tidak perlu khawatir, rambut akan tumbuh kembali seiring waktu.

3. Terapi medis dan zat beracun

Kemoterapi, obat-obatan tertentu, dan radiasi bisa menyebabkan rambut rontok. Sama halnya dengan stres yang ekstrem, rambut akan tumbuh kembali seiring waktu.

4. Kekurangan nutrisi

Tidak mendapatkan zat besi, protein B12, dan vitamin yang cukup dapat menyebabkan rambut rontok. Jika kamu mengalaminya, temui dokter untuk mendapatkan cara terbaik mengatasinya.

 

Penyebab rambut rontok secara permanen

Sedangkan rambut rontok permanen biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon sebelum, selama, dan setelah menopause, faktor genetik yang biasanya dimulai ketika kadar estrogen menurun, dan cidera kulit kepala. Kamu bisa melawan rambut rontok dengan tetap terhidrasi, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga.

Jika rambut rontok berkelanjutan, sebaiknya temui dokter atau profesional untuk mendapatkan penanganan yang serius. Masih kewalahan dengan masalah rambut rontok?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading