Rekomendasi Eksfoliator yang Cocok untuk Jenis Kulitmu

Beauty Journal22 Mar 2019, 11:25 WIB
Eksfoliator

Fimela.com, Jakarta Kulit yang sehat dan terasa halus merupakan impian hampir setiap perempuan. Eksfoliator adalah salah satu tahapan skin care yang berguna untuk mewujudkan hal tersebut. Berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit, menggunakan produk eksfoliasi bisa membantu kamu mendapatkan kulit yang lebih halus dan sehat.

Namun tentunya Sahabat Fimela tidak bisa menggunakan eksfoliator tanpa mencari tahu terlebih dahulu produk dan eksfoliator seperti apakah yang cocok bagi jenis kulit dan permasalahan yang dihadapi. Salah menggunakan eksfoliator bisa berdampak buruk bagi kulit. Alih-alih mendapatkan kulit yang cerah, halus, dan sehat, bisa jadi mengalami breakout. Scroll ke bawah untuk tahu eksfoliator apa yang cocok untuk kulit kamu.

Kulit Berminyak

Tipe kulit berminyak umumnya dimiliki oleh orang yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Tipe kulit ini biasanya ditandai dengan pori-pori besar, produksi sebum yang berlebihan, mudah muncul blackhead, dan potensi jerawat yang cukup tinggi. Jenis kulit berminyak juga cenderung lebih tangguh saat menggunakan eksfoliator karena produksi sebum yang tinggi. Karena itu, tipe kulit ini cocok menggunakan eksfoliator fisik yang mengandung butiran scrub yang halus. Jika kamu yang memiliki tipe kulit berminyak dan ingin menggunakan eksfoliator kimia, maka bisa mencari eksfoliator yang mengandung AHA/BHA dan salicylic acid seperti yang terkandung di exfoliating toner milik COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Namun, meski tangguh menghadapi eksfoliator, kamu tetap tidak bisa terlalu sering melakukan eksfoliasi karena dapat membuat kulitmu iritasi dan menimbulkan minyak yang semakin banyak.

Kulit Kering

Hindari produk yang mengandung alkohol jika memiliki tipe kulit kering. Dalam memilih produk skin care untuk eksfoliasi, kamu bisa mencari kandungan-kandungan yang bisa mengeksfoliasi sekaligus memberikan hidrasi yang cukup untuk kulit seperti hyaluronic acid dan jojoba beads. Setelah eksfoliasi, yang dimiliki kulit dengan tipe kering juga harus memakai moisturizer yang cukup agar kulit kamu tetap lembab dan tidak dehidrasi. Eksfoliasi seminggu sekali sudah cukup untuk menjaga agar tidak terjadi penumpukan sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulitmu.

Kulit Sensitif

Apa Sahabat Fimela memiliki kulit yang sensitif dan masih bingung mencari eksfoliator seperti apa yang cocok? Jika ya, bisa mencari eksfoliator yang cenderung lembut dan juga memiliki kandungan enzim buah-buahan, beras, shea butter dan oatmeal. Bahan-bahan eksfoliator seperti ini dapat membantu proses regenerasi dan pembersihan lapisan kulit tanpa menimbulkan iritasi dan kemerahan pada kulit kamu. Salah satu produk yang dapat kamu coba adalah Dear Klairs Gentle Black Sugar Facial Polish yang mengandung shea butter. Meskipun produk ini memiliki butiran halus, namun tidak membahayakan kulit sensitif.

Kulit Kombinasi

Memiliki area T-zone yang cenderung berminyak dan area pipi dan dahi yang kering? Maka kamu membutuhkan lebih dari satu jenis eksfoliator. kamu dapat memfokuskan proses eksfoliasi di area kulit kamu yang lebih berminyak menggunakan produk seperti NEOGEN DERMALOGY Bio Peel Gauze Peeling dan juga eksfoliator yang dapat melembabkan di area yang kering di kulit wajah kamu.

Baca juga: 5 Kunci Melakukan Eksfoliasi Wajah Tanpa Merusak Kulit