Ingin Wajah Bebas Jerawat Saat Traveling? Yuk, Ikuti 5 Tips Berikut Ini!

Beauty Journal25 Mar 2019, 18:15 WIB
Travelling

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang tak suka liburan? Selain dapat menyegarkan pikiran, kegiatan yang satu ini juga memungkinkan Anda untuk bertemu suasana baru guna menyegarkan pikiran setelah sibuk beraktivitas selama hampir sepekan. Selain menyiapkan rencana perjalanan, pakaian, serta obat-obatan, hal lainnya yang sebaiknya tidak Sahabat Fimela lewatkan adalah produk perawatan kulit. Pasalnya, jerawat bisa muncul kapan saja. Untuk itu, perlu melakukan pencegahan sebelum jerawat benar-benar datang di tengah asyiknya masa liburan. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips di bawah!

Menjaga kelembapan wajah

Udara dalam pesawat tentu berbeda dengan tempat lainnya. Tekanan dalam kabin dapat menghasilkan udara yang sangat kering dengan tingkat kelembapan yang rendah. Rupanya, hal ini dapat membuat kulit jadi mudah dehidrasi selama penerbangan. Nah, jika kulit sudah dehidrasi, kelenjar sebum pun akan mengirimkan sinyal untuk memproduksi minyak secara ekstra, yang mana nantinya malah akan menyebabkan kulit semakin berminyak. Jika sudah demikian, pori-pori pun akan rentan tersumbat, sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Untuk itu, senantiasa lembapkan kulit dengan menggunakan pelembap, ya!

Hindari makeup tebal

Saat traveling, kulit tentu akan beradaptasi dengan lingkungan baru. Apalagi, jika bepergian ke daerah yang berbeda suhu dengan tempat di mana tinggal. Penggunaan makeup yang tebal hanya akan membuat kulit sulit bernapas, sehingga dapat memicu timbulnya jerawat. Meski demikian, Anda nggak perlu bare-faced juga, kok! Untuk tetap tampil cantik saat traveling, Anda hanya perlu menggunakan produk complexion ringan, misalnya saja bb cushion. Namun, agar kulit senantiasa terlindung dari efek buruk sinar UV, jangan sampai lupa untuk menggunakan sunscreen, ya!

Hindari sering menyentuh wajah

Salah satu kebiasaan yang tanpda disadari sering dilakukan adalah menyentuh area wajah dengan tangan yang tak kita ketahui kondisi kebersihannya. Meski sekilas tampak bersih, kita tidak tahu jika bisa saja ada bakteri, debu, serta kotoran halus yang menempel pada tangan. Sering menyentuh area wajah dengan tangan secara tidak langsung sama saja dengan memindahkan debu, bakteri, serta kotoran yang ada di tangan pada wajah. Nah, jika tidak dibersihkan dengan seksama, kulit wajah pun akan rentan berjerawat. Sebagai solusinya, pastikan selalu menyiapkan tisu, tisu basah, atau hand sanitizer saat traveling.

Tidak melewatkan double cleansing

Meski tengah liburan, bukan berarti jadi malas membersihkan wajah dan melewatkan ritual double cleansing. Selain menjaga kondisi kulit agar senantiasa dalam kondisi yang sehat dan bersih, double cleansingjuga bisa menghindari timbulnya jerawat. Nah, agar lebih praktis dan tidak menambah bebas bawaan, Anda bisa memindahkan cleansing oil ke dalam botol berukuran mini yang lebih travel-friendly. Selain itu, juga bisa membeli produk-produk travel size yang tidak akan makan tempat.

Jaga asupan makanan dan pola tidur

Saking asiknya berlibur, sebagian orang mungkin jadi akan mengabaikan kondisi kesehatan tubuh dengan pola makan yang tak karuan. Atau, ada juga yang terlalu menikmati masa liburan dengan menikmati kuliner khas setempat tanpa memikirkan kondisi kesehatan kulit. Kolesterol dan lemak semua disantap! Meski wisata kuliner menyimpan kenikmatan, Anda juga tetap perlu enjaga kesehatan. Pastikan selama liburan Anda tetap mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang kaya nutrisi. Selain itu, kurangi juga porsi junk food serta makanan pedas lainnya. Selain menjaga kondisi tubuh tetap bugar, menjaga pola makan juga bisa mencegah timbulnya jerawat, lho.

Baca juga: Menggunakan Sheet Mask Selama Penerbangan Jauh Bisa Memicu Munculnya Jerawat, Ini Sebabnya!