7 Tahapan Saat Perawatan Facial dan Fungsinya

fitriandiani26 Mar 2019, 16:30 WIB
Facial/mlg

Fimela.com, Jakarta Facial wajah bukan sesuatu hal yang baru bagi para beauty enthusiast. Hanya saja, treatment yang satu ini terus berinovasi dalam mengembangkan efektivitasnya dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Kendati demikian, tahap-tahap dari treatment itu sendiri pada dasarnya tetap sama. Kamu mungkin tidak memperhatikannya karena sibuk menikmati treatment di wajah, tapi tidak ada salahnya kamu mengetahui apa saja yang dilakukan pada wajahmu saat facial dan apa fungsinya. Yuk, simak!

1. Pembersihan

Tentu sebelum tindakan lanjutan, wajah harus dipersiapkan terlebih dahulu dengan cara dibersihkan. Jika kulit bebas dari minyak, debu dan kotoran, skincare yang akan diaplikasikan nantinya akan lebih meresap. Plus, pijatan ringan yang dilakukan saat membersihkan wajah akan membuat kulit lebih rileks.

2. Penguapan

Setelah wajah bersih, penguapan dilakukan untuk membuka pori-pori sekaligus melembutkan kulit. Dengan begitu, komedo akan lebih mudah terangkat dari kulit. Uap hangat yang dipaparkan ke wajah juga berfungsi meluruhkan sel kulit mati dan sisa-sisa kotoran bersama keringat yang keluar.

 

3. Pengelupasan

Facial Es
Ilustrasi facial. (iStockphoto)

Tiap klinik memiliki metode berbeda untuk yang satu ini, tapi biasanya proses pengelupasan dilakukan dengan micropeel atau microdermarsi. Pengangkatan sel kulit mati ini dilakukan agar kulit lebih siap beregenerasi. Pastikan kamu menyerahkan wajahmu ke tangan ahlinya untuk yang satu ini, ya!

4. Ekstraksi

Proses ini tidak disarankan untuk pemilik kulit berjerawat tingkat tinggi. Jika masih tahap rendah sampai sedang, proses ekstraksi justru membantu mencegah bibit bibit jerawat bersemi!

5. Pemijatan

Tahap ini dilakukan untuk relaksasi otot wajah yang menegang sekaligus memperlancar sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah lamcar, wajah juga akan lebih cerah.

6. Masker

Masker Wajah
Ilustrasi masker wajah/copyright shutterstock

Untuk meredakan efek dari ekstraksi, pengaplikasian masker adalah salah satu tahap yang pasti dilakukan dan biasanya jadi favorit dari semua tahapan.

7. Pengaplikasian pelembap dan tabir surya

Setelah kulit bersih, sentuhan terakhir adalah pengaplikasian pelembap dan tabir surya sebagai perlindungan. Setelah facial biasanya disarankan untuk menghindari paparan matahari yang intens untuk mencegah inflamasi.

Sekarang, sudah mengerti kan apa saja yang dilakukan para dermatologis pada kulitmu saat kamu facial!

Lanjutkan Membaca ↓