Cara Terbaik Mengaplikasikan Retinol untuk Si Kulit Kering dan Sensitif

Annissa Wulan05 Apr 2019, 16:00 WIB
Produk kecantikan

Fimela.com, Jakarta Retinol mungkin adalah salah satu bahan perawatan kulit yang sudah sering kamu dengar. Manfaat retinol dikenal tak tertandingi sejak tahun 70-an, terutama untuk kamu yang memiliki masalah kulit kering dan sensitif.

Awalnya, formula retinol memang khusus untuk mengatasi masalah jerawat, namun ternyata bahan yang satu ini dianggap ajaib karena dapat menyamarkan garis halus, bintik-bintik gelap karena paparan sinar matahari, memperbaiki tekstur kulit, dan mengecilkan tampilan pori-pori. Retinoid adalah urutan teratas dari berbagai jenis senyawa kimia yang berasal dari vitamin A.

Masing-masing senyawa memiliki tingkat kekuatan dan iritasi yang berbeda. Retinol adalah jenis paling umum dari produk perawatan kulit yang dijual bebas, seperti dilansir dari stylecaster.com, Kamis (28/3/2019).

 

2 of 2

Cara terbaik mengaplikasikan retinol bagi si pemilik kulit sensitif dan kering

Cantik
Ilustrasi kecantikan/copyright shutterstock

Retinol berfungsi untuk memperbaiki keadaan kulit dengan mempercepat pergantian sel melalui pengelupasan kimia atau menghilangkan sel-sel kulit mati. Beberapa orang memiliki keluhan kulit merah, iritasi, kering, dan mengelupas ketika pertama kali menggunakan retinoid.

Biasanya periode tersebut berlangsung selama 1 bulan, namun kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif bisa mengalaminya dalam waktu yang lebih lama. Tentu saja, retinoid memiliki jenis lainnya yang lebih cocok bagi si pemilik kulit kering dan sensitif, seperti Retinyl Palmitate.

Sayangnya, jenis tersebut memakan waktu lebih lama untuk melihat hasilnya. Jangan putus asa dulu, ada satu cara yang bisa kamu lakukan.

Gunakan minyak wajah yang dicampurkan dengan retinol. Menurut para ahli, menempatkan retinol bersama dengan produk perawatan kulit berbasis minyak tanpa aroma dapat membantu merawat kulit, seperti menambah kelembapan, menenangkan, dan mengatasi iritasi.

Bahkan cara ini memungkinkan kulit sensitif untuk mentolerir penggunaan retinol tanpa iritasi. Ingat untuk memulai dengan tingkat retinol yang rendah agar kulit tidak kaget dan bersabar.

Lanjutkan Membaca ↓