Cara Unik dalam Menghilangkan Komedo, Tertarik Mencobanya?

Beauty Journal26 Mar 2019, 18:50 WIB
Komedo

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia kecantikan, terdapat begitu banyak tips, hacks, serta cara unik nan ajaib yang menarik untuk dicoba. Misalnya saja, merapikan bentuk alis dengan bantuan sendok, menggunakan selotip untuk menciptakan winged liner yang sempurna, facial dengan kotoran burung, hingga menggunakan plasenta untuk melawan tanda-tanda penuaan. Selain deretan hal unik tersebut, masih banyak cara tak biasa lainnya yang cukup sering dilakukan orang-orang, salah satunya saat mengatasi komedo. Nah, jika sebagian besar melenyapkan komedo dengan menggunakan pore pack atau alat ekstraksi, lain halnya dengan lima cara unik berikut ini!

1. Kepompong

Sudah pernah mendengar cara unik yang satu ini? Meski terdengar aneh, ternyata cukup banyak juga yang menggunakan kepompong untuk mengatasi komedo, lho! Kepompong yang digunakan ini berasal dari ulat sutra yang mengandung natural protein sericin. Nah, kandungan protein ini dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit pun jadi lebih lembut dan bebas komedo. Untuk menggunakannya, Sahabat Fimela hanya perlu merendam silk finger balls (kepompong yang digunakan untuk skin care) ke dalam air hangat hingga melunak. Setelahnya, masukkan jari ke dalam silk finger balls, kemudian pijat perlahan di area hidung atau area yang lainnya yang berkomedo.

Baca juga: Review: COSRX Blackhead Silk Finger Ball, Alternatif Baru untuk Mengangkat Komedo

2. Lem kertas

Tips ini mulai populer sejak beberapa YouTuber menyebutkan lem kertas sebagai rahasia mereka untuk menghilangkan komedo. Untuk meminimalisir kemungkinan iritasi, lem yang biasanya digunakan adalah lem kertas khusus anak-anak yang berlabel non-toxic. Untuk menggunakannya, kompres area hidung dengan handuk hangat untuk membuka pori-pori, lalu aplikasikan lem di area berkomedo. Tunggu hingga kering, kemudian kelupas lem secara perlahan untuk mengangkat komedo (lakukan sebagaimana biasanya kamu menggunakan pore pack). Walaupun tidak terdapat bahaya signifikan dari metode ini, namun tentu masih banyak alternatif lainnya untuk mengatasi komedo yang lebih aman, misalnya saja dengan menggunakan chemical exfoliator.

3. Baking soda, pasta gigi, dan sikat gigi

Tips atau hacks untuk menghilangkan komedo ini sempat cukup populer melalui platform Pinterest. Pasalnya, tips ini membutuhkan bahan-bahan yang kemungkinan besar sudah tersedia di rumahmu, yakni baking soda, pasta gigi, dan sikat gigi. Kalaupun tidak, kamu bisa mendapatkan ketiga bahan ini dengan harga yang sangat murah. Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dan pasta gigi, lalu sikat lembut pada hidung atau area lain yang sebelumnya telah dikompres dengan air hangat. Di balik banyaknya ulasan positif mengenai cara ini, sebaiknya tetap mempertimbangkan untuk melakukan cara lainnya. Pasalnya, kandungan baking soda dan pasta gigi (terutama pasta gigi dengan kandungan mint yang kuat) cenderung berpotensi mengiritasi kulit, apalagi jika kamu sendiri memiliki jenis kulit sensitif.

Baca juga: Ingin Mengatasi Komedo? Pastikan Kandungan Berikut Ada dalam Skin Care-mu

4. Plastic wrap + petroleum jelly

Metode ini sempat viral karena unggahan video Fei Yang, beauty vlogger yang menampilkan kesuksesan dirinya dalam membersihkan komedo di hidung menggunakan petroleum jelly dan plastic wrap. Dari video yang sudah ditonton lebih dari 1,5 juta kali tersebut, Fei Yang mengaplikasikan petroleum jelly cukup tebal di area hidungnya, lalu melapisinya lagi dengan plastic wrap. Terakhir, ia pun menutupnya dengan handuk hangat.

Sahabat Fimela bisa mendiamkannya selama beberapa jam, atau membiarkannya semalaman seperti yang Fei Yang lakukan. Setelah ‘dikompres’ dengan petroleum jelly dan plastic wrap, Fei Yang merasa komedonya meleleh, sehingga ia pun dapat mengekstraksinya dengan sangat mudah. Walaupun terlihat menjanjikan, nyatanya metode ini tidak direkomendasikan oleh para dermatolog karena petroleum jelly dapat menyumbat pori-pori dan malah memperparah komedo.

Lihat juga: Cara Menghilangkan Komedo ala Bellinda Putri | BJ’s Special Guest

5. Bobby Pins

Siapa sangka? Ternyata, bobby pins alias jepit rambut yang biasanya menyelamatkan tatanan rambutmu juga bisa dimanfaatkan untuk mengekstraksi komedo, lho! Bagian bobby pins yang akan digunakan adalah ujung belakangnya yang membulat. Bentuknya yang membulat dengan ruang di tengahnya membuat bobby pins dapat digunakan sebagai pengganti alat ekstraksi komedo, walau mungkin tidak bekerja seefektif alat ekstraksi yang sebenarnya. Selain memastikan bobby pins dalam keadaan bersih, kamu juga sebaiknya mengompres area hidung terlebih dahulu agar komedo lebih mudah dikeluarkan. Jika tidak, komedo akan lebih susah untuk diesktraksi, sehingga penggunaan bobby pins malah berpotensi mengiritasi kulit di area hidung.

Baca juga: Hati-Hati, 5 Hal Ini Dapat Menyebabkan Komedo Semakin Parah!