Threading atau Waxing, Mana Perawatan Alis yang Sesuai dengan Kondisi Kulitmu?

Beauty Journal28 Mar 2019, 14:20 WIB
Alis

Fimela.com, Jakarta Sebagian perempuan pasti pernah merasa tidak percaya diri ketika harus keluar rumah dengan alis yang belum on-fleek. Memang tak bisa dipungkiri, alis adalah salah satu bagian wajah yang memiliki pengaruh yang sangat signifikan bagi penampilan seseorang. Tak heran hingga kini banyak orang menggunakan beragam metode untuk merapikan dan membentuk alis agar memiliki tampilan yang rapi dan sesuai dengan proporsi wajah sehingga membuat penampilan menjadi semakin maksimal.

Di antara banyaknya teknik yang digunakan untuk merapikan alis, ada dua metode yang paling umum digunakan yaitu waxing dan threading. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu, mana yang perawatan alis yang harus kamu pilih yang cocok dan sesuai dengan kondisi kulit? Supaya tidak salah dan menimbulkan efek samping di kulit, sebaiknya simak terlebih dahulu penjelasannya berikut, ladies!

Perbedaan Waxing dan Threading

Sebelum menentukan metode atau teknik mana yang akan dipilih, alangkah baiknya mengetahui perbedaan antara waxing dan threading terlebih dahulu. Tak berbeda dengan teknik mengangkat bulu halus di area tubuh yang lain, teknik eyebrow waxing dilakukan dengan bantuan wax (lilin) yang dioleskan pada area berbulu, kemudian ditutup dengan waxing strip, dan ditarik dengan cepat. Metode ini banyak digunakan karena dapat secara cepat dan efektif mencabut rambut alis hingga ke akarnya. Namun, banyak orang menghindari teknik ini karena akan menimbulkan bekas serta membuat kulit menjadi kemerahan.

Sedangkan untuk teknik threading, adalah teknik merapikan alis dengan menggunakan bantuan benang. Benang akan dipelintir sehingga dapat ‘mengikat’ dan mencabut bulu dari akarnya. Merapikan alis dengan teknik eyebrow threading prosesnya cukup cepat dan menghasilkan tampilan alis yang natural karena mencabut rambut alis satu persatu. Namun, tidak menutup kemungkinan juga cara yang satu ini juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Tak hanya itu, cara ini juga cukup sulit untuk dilakukan dan perlu mengunjungi klinik atau salon kecantikan untuk melakukan eyebrow threading.

Baca Juga: Praktis Menata Alis dengan 5 Rekomendasi Pensil Alis yang Memiliki Spoolie

2 of 2

Memilih Antara Waxing atau Threading Sesuai dengan Kondisi Kulit

Mata
Ilustrasi mata/copyright shutterstock

Setelah mengetahui tentang kelebihan serta kelemahan dari waxing maupun threading, masih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih perawatan alis yang sesuai dengan kondisi kulit. Kulit di area sekitar alis masih berada dekat dengan mata, yang mana merupakan area kulit yang tipis dan sangat sensitif dibandingkan dengan kulit di bagian wajah lainnya. Karenanya, kamu perlu memilih teknik yang tepat supaya bisa mendapatkan bentuk alis yang tepat dan rapi serta aman untuk kulitmu.

Waxing akan sangat cocok untukmu yang memiliki alis super tebal dan menginginkan bentuk alis yang rapi dalam waktu yang singkat dan cepat. Jadi, bagi kamu yang lebih suka proses cepat, eyebrow waxing adalah teknik yang tepat karena membutuhkan waktu yang lebih sedikit ketimbang threading atau tweezing. Namun, terlepas dari prosesnya yang cepat, teknik waxing tidak dianjurkan bagi kamu yang memiliki kulit yang sensitif karena bisa membuat kulit yang sensitif menjadi mudah mengalami kemerahan dan iritasi.

Bagi yang memiliki kulit sensitif, teknik threading lebih dianjurkan karena meminimalkan efek samping pada kulit. Tak hanya itu, teknik ini bisa menghasilkan tampilan alis yang lebih rapi dan natural. Meski membutuhkan waktu yang lebih lama karena merapikan rambut satu-persatu, teknik ini dipercaya lebih aman untuk kulit sensitif karena lebih sedikit risiko kulit mengalami iritasi. Apalagi bagi kamu yang sedang menggunakan skin care anti-aging dan sedang dalam masa menstruasi, akan lebih tepat bila memiliki teknik threading. Karena kandungan retinol dalam skin care anti-aging membuat kulit lebih sensitif dari biasanya dan rentan mengalami iritasi. Bila ingin lebih aman, kamu bisa menghentikan pemakaian skin care dengan kandungan retinol sebelum melakukan perawatan alis untuk memastikan kulit tetap nyaman.

Baik waxing maupun threading, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum memilih pastikan kamu mengetahui teknik yang tepat sesuai dengan kondisi kulit, agar hasilnya maksimal dan tidak membuat kulit iritasi.

Baca Juga: Jangan mudah Percaya! Ini Mitos Seputar Alis yang Perlu kamu Ketahui Kebenarannya

Lanjutkan Membaca ↓