Penyebab Breakout di Usia 20-an, Ketahui Faktor Penyebabnya

Beauty Journal28 Mar 2019, 18:15 WIB
Perawatan Wajah

Fimela.com, Jakarta Dalam dua tahun kebelakang, saya menyadari adanya perubahan pada kulit wajah saya. Semasa SMP dan SMA dulu, wajah saya jarang sekali berjerawat. Bahkan saat menjelang menstruasi, kulit wajah saya tidak mengalami masalah apapun. Nah, saat menginjak usia 24 pada dua tahun yang lalu, wajah saya jadi lebih sering berjerawat. Dan yang bikin sebal, jerawat ini bisa muncul kapan pun dan akan meninggalkan bekas kemerahan yang sulit hilang. Apa Sahabat Fimela juga mengalami hal serupa?

Setelah mencari tahu lebih lanjut, ternyata mengalami breakout di usia 20-an adalah hal yang wajar. Bahkan, hal ini juga dikenal dengan istilah quarter life skin crisis. Pada usia ini ternyata perempuan lebih rentan terhadap masalah kulit, khususnya jerawat. Namun, untuk penyebabnya sendiri ada beberapa faktor berbeda. Ini dia, beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab breakout di usia 20an.

Baca juga: Pemilik Kulit Berjerawat, Hindari Penggunaan Minyak Kelapa di Wajah, Ya! Ini Alasannya

2 of 2

Faktor penyebab breakout di usia 20an

Perawatan Wajah
Ilustrasi/copyright shutterstock
  • Hormon – Serupa dengan waktu masa puber dulu, hormon masih menjadi penyebab nomor satu jerawat. Menginjak usia 20an, kita lebih mudah tertekan dan mengalami stres. Dengan tingkat stres dan inflamasi yang tinggi pada tubuh, hormon akan menjadi tidak stabil dan berujung dengan meningkatnya produksi sebum pada kulit wajah. Akibatnya, kulit pun akan lebih mudah mengalami jerawat.
  • Makanan – Makanan juga dapat menjadi salah satu penyebab breakout di usia 20an. Beberapa jenis makanan yang memicu tumbuhnya jerawat adalah produk dengan kandungan susu. Saat mencerna susu, tubuh kita akan memproduksi hormon yang serupa dengan insulin, yaitu IGF-1. Nah, hormon inilah yang dapat memicu munculnya jerawat.
  • Skin care – Coba ingat lagi, apakah kamu baru saja mulai merawat kulit menggunakan skin care? Merawat wajah menggunakan skin care merupakan kebiasaan yang baik. Namun, jika dilakukan dengan tidak benar, hal ini justru dapat menjadi penyebab breakout di usia 20an. kamu mungkin tergiur untuk melakukan 10 step skin care dan memutuskan untuk mencobanya secara bersamaan. Sayangnya, bukannya memberikan dampak yang baik, hal ini justru dapat menyebabkan kulit mengalami peradangan yang berujung dengan timbulnya jerawat.
  • Stres – Selain dari apa yang kita makan dan kita kenakan, apa yang kita pikiran juga berpotensi menyebabkan breakout di usia 20an. Misalnya, kamu mengalami stres akibat pekerjaan atau hubungan kamu. Stres ini dapat membuat hormon tubuh menjadi naik turun dan memengaruhi produksi sebum pada kulit. Dengan kondisi tubuh yang mengalami inflamasi, ditambah sebum yang meningkat, wajah pun rentan mengalami breakout.Baca juga: Kulit Berjerawat Boleh Melakukan Eksfoliasi dengan Mengikuti Aturan Ini
Lanjutkan Membaca ↓