Panduan Memilih Produk Foundation yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Annissa Wulan04 Apr 2019, 11:00 WIB
Foundation

Fimela.com, Jakarta Apa kamu termasuk orang yang tidak bisa keluar rumah tanpa menggunakan foundation? Foundation merupakan dasar utama yang sebaiknya diaplikasikan sebelum kamu menerapkan makeup.

Sayangnya, menemukan produk foundation terbaik untuk setiap jenis kulit wajah tidak selalu mudah. Memilih produk yang kurang tepat hanya akan membuat makeupmu tampak tidak natural.

Dilansir dari purewow.com, Kamis (4/4/2019), berikut ini adalah beberapa panduan memilih produk foundation terbaik untuk setiap jenis kulit wajah. Penasaran?

1. Temukan warna yang tepat

Masih tidak yakin dengan undertone kulitmu? Cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah memilih dua warna yang menurutmu paling cocok dengan warna kulit, lalu pergilah ke dekat jendela, dan lihat mana warna yang paling samar. Jika kamu memiliki freckles, sesuaikan warna foundation dengan warna keseluruhan kulit wajahmu, bukan warna freckles.

2. Temukan formula yang tepat

Ketika memilih formula foundation, penting untuk mempertimbangkan jenis kulit wajah dan cakupan yang diinginkan. Tingkat cakupan dari yang paling ringan ke berat adalah krim BB, pelembap berwarna, krim CC, foundation cair, serum, foundation krim, dan alas bedak.

3. Foundation terbaik untuk kulit berminyak atau berjerawat

Gunakan foundation dengan formula cair, mineral, atau bubuk yang tidak akan mengiritasi kulit wajahmu atau menyumbat pori-pori. Carilah produk yang memiliki label non komedogenik atau berbahan asam salisilat, seng, dan witch hazel.

4. Foundation terbaik untuk kulit kering

Formula foundation cair atau krim lebih mudah diaplikasikan pada jenis kulit wajah kering dan akan memberikan cakupan merata. Untuk pengaplikasian yang lebih baik, gunakan minyak wajah terlebih dahulu di area kulit wajah yang mengelupas, sebelum foundation. Jangan khawatir terhadap tampilan pori-pori yang besar atau garis-garis halus, campurkan foundation dengan sedikit highlighter untuk menyamarkannya.

 

Cara mengaplikasikan foundation yang paling tepat

Foundation
Ilustrasi foundation. (Foto: pixabay.com)

5. Foundation terbaik untuk kulit normal

Carilah produk foundation yang dapat meratakan noda yang biasanya ada di sekitar hidung dan mulut, tanpa menutupi kulit wajah secara keseluruhan. Pelembap berwarna atau alas bedak akan cocok digunakan untuk jenis kulit wajah normal.

6. Cara pengaplikasian yang tepat

Alih-alih mengaplikasikannya di mana-mana, cukup di beberapa area yang membutuhkan cakupan, kemudian baurkan. Jika kamu terbiasa menggunakan spons makeup, pastikan untuk membasahinya terlebih dahulu, sedangkan jika kamu terbiasa menggunakan kuas, sapukan ke arah bawah.

7. Jangan lewatkan area penting

Selain noda-noda gelap di seluruh kulit wajah, jangan lewatkan kelopak mata. Cara ini akan membantu meratakan perubahan warna di seluruh kulit wajahmu. Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓