Ancaman Kanker Kulit Jika Lupa Aplikasikan Sunscreen pada Kelopak Mata

Vinsensia Dianawanti08 Apr 2019, 10:30 WIB
Hilangkan kerutan pada kelopak mata

Fimela.com, Jakarta Kesadaran akan penggunaan sunscreen untuk melindungi kulit sudah semakin tinggi. Namun sebuah penelitian terbaru justru membuktikan kebanyakan orang lupa untuk mengaplikasikan sunscreen di area tertentu. Bahkan di area yang berpotensi terkena kanker kulit.

Para peneliti di University of Liverpool menemukan bahwa area yang lebih rentan seperti kelopak mata sering terlewatkan saat mengoleskan pelembap dengan SPF ke wajah. Para peneliti inipun menemukan bahwa ketika pelembap SPF diterapkan, 16,6 persen dari seluruh wajah terlewatkan.

Hal ini disebabkan kebanyakan orang ternyata tidak menyadari jika mereka belum sepenuhnya menutupi wajah dengan SPF. Padahal penggunaan sunscreen sudah menjadi bagian dari kebiasaan.

 

Area yang sering terlupakan dari pengaplikasian sunscreen

[Fimela] Sunscreen
Ilustrasi Sunscreen | unsplash.com

Saat menggunakan sunscreen dan pelembap, area di sekitar mata sering terlewatkan, terutama di bagian hidung. Dari situ, para peneliti pun menyimpulkan bahwa ketika menerapkan sunscreen dalam jenis apapun harus memberikan perhatian lebih banyak pada area kelopak mata. Mengingat area ini sangat tipis dibandingkan area kulit lain.

Sehingga jika berencana untuk keluar rumah, pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen pada seluruh wajah dan leher. Gosok dengan lembut pada wajah secara merata.

Perlu dipahami jika mengaplikasikan sekali saja bukan berarti bisa melindungi kulit sepanjang hari. Untuk itu, gunakan kembali dua kali sehari. Jika banyak menghabiskan waktu di luar, sebaiknya menerapkan sunscreen setiap dua jam.

 

Bahaya lupa mengaplikasikan sunscreen

Cantik/mlg
Ilustrasi pilihan sunscreen/copyright shutterstock

Hal ini disebabkan ketika tangan menyentuh wajah, keringat, dan air akan membuat sunscreen luntur lebih cepat. Sehingga kulit kamu tidak lagi terlindungi. Paparan berlebihan di area kelopak mata ada kaitannya dengan karsinoma sel basal yang merupakan kanker kulit non-melanoma.

Kanker kulit jenis ini paling umum terjadi di area wajah, kepala, telinga, dan leher. Untuk melindungi kulit dari sinar matahari, disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi dan mengenakan kacamata hitam.

Lanjutkan Membaca ↓