Waspada Akibat Tidak Mencuci Muka Sebelum Mencukur Bulu Halus pada Wajah

Karla Farhana12 Apr 2019, 13:00 WIB
Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mencuci Muka

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya pria, perempuan pun banyak yang tidak nyaman dengan rambut-rambut halus di antara hidung dan bibir bagian atas aka kumis. Kadang, kumis membuat makeup tidak begitu merata, sehingga banyak perempuan yang mencukur kumisnya sebelum ber-makeup. 

Idealnya, sebelum mencukur kumis kamu harus membersihkan kulit wajahmu terlebih dahulu. Namun, banyak orang yang langsung mencukurnya begitu saja karena terburu-buru. Atau juga memiliki kebiasaan untuk mencuci wajah sesudah mencukur kumis.

Padahal, ada risiko yang cukup besar jika kamu tidak mencuci wajah terlebih dahulu. Dilansir dari Women's Health Magazine, kulit wajah yang bersih itu sangat penting. Jika mencukur kumis dalam keadaan kulit masih kotor, bakteri yang ada di wajah bisa saja masuk ke dalam pori-pori kulit. 

Apa lagi, usai mencukur rambut halus, pori-pori kulit cenderung lebih terbuka. Bakteri yang masuk ke dalam pori-pori ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit

Tahapan Sebelum Mencukur Kumis

Mencuci wajah
ilustrasi mencuci wajah/copyright shutterstock

Selain mencuci wajah, ada tahapan dan tips lain jika kamu ingin mencukur kumis. Setelah kulit wajah bersih, ambil pisau cukurmu. Jangan terlalu ditekan, perlahan-lahan jalankan alat cukup di area tumbuhnya kumis. Namun, gerakkan melawan arah tumbuhnya bulu-bulu halus tersebut. 

Pasalnya, jika tidak berlawanan dengan arah tumbuhnya kumis, akan muncul ingrown hair atau rambut halus yang tumbuh ke dalam. Kamu tentu saja tidak menginginkan hal ini, kan?

Aplikasi Serum dan Pelembap

Pakai Serum Wajah Itu Ternyata Penting!
Ingin kulit cerah tanpa noda hitam dengan cepat? Rajin cuci muka dan pakai krim wajah saja belum cukup!

Setelah selesai mencukur area kumis atau area lain pada wajah, pastikan kamu mengoleskan serum dan pelembap, demi menenangkan kulit. Setelah itu, baru kamu bisa menggunakan skincare selanjutnya untuk perawatan kulit atau juga makeup. 

Selain itu, jangan menggunakan pisau cukur yang sudah tumpul. Karena, tulis Elle, mata pisau yang sudah tumpul akan mengakibatkan kulit iritasi dan membuat kulit sedikit menghitam. 

Lanjutkan Membaca ↓