Perawatan Alami untuk Mencerahkan Kulit Pangkal Paha yang Wajib Dicoba

Beauty Journal06 Apr 2019, 15:15 WIB
Paha

Fimela.com, Jakarta Kulit gelap pada bagian pangkal paha bisa dialami siapa saja, dan mungkin menjadi masalah kulit yang dialami sebagian besar perempuan. Sahabat Fimela mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa sih yang menyebabkan area tersebut cenderung lebih gelap. Selain karena kandungan melanin serta seringnya terjadi gesekan, ada berbagai faktor lain juga yang membuat area pangkal paha rentan terlihat lebih gelap dibandingkan kulit di area sekitarnya. Berbagai faktor seperti ketidakseimbangan hormon, terutama untuk perempuan menyusui, kehamilan, menstruasi, atau mereka yang mengalami Polycystic Ovarian Syndrom (PCOS). Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kontrasepsi dan obat kemoterapi, paparan sinar matahari, kulit meradang yang terjadi saat berolahraga dan berjalan, akibat gesekan dari pakaian ketat, hingga diabetes melitus, merupakan berbagai faktor penyebab kulit di pangkal paha tampak gelap.

Meski berbagai faktor di atas bisa menjadi penyebab kulit di area pangkal paha menghitam, tetapi tak perlu khawatir. Karena ada berbagai perawatan alami yang dipercaya mampu mengembalikan kecerahan kulit, selama dilakukan secara rutin. Apa saja bahan alami yang perlu disiapkan untuk mendapatkan kulit cerah? Yuk simak pembahasanya di bawah ini.

Minyak kelapa dan lemon

Melansir dari healthline, lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu mengobati hiperpigmentasi atau perubahan warna gelap pada kulit. Sedangkan minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pelembap dan dapat membantu menjaga kulit area paha tetap lembut dan kenyal. Dengan kedua bahan serbaguna ini, kamu dapat membuat scrub. Caranya, campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan air perasan setengah lemon. Gosokkan campuran tersebut ke kulit yang gelap dan pijat selama 10 menit, kemudian cuci hingga bersih.

Bahan alami lainnya

Scrub Gula
Ilustrasi scrub gula/copyright shutterstock

Scrub gula

Tahukah bahwa gula dapat membantu pengelupasan kulit? Eksfoliasi dapat sangat membantu jika kulit gelap disebabkan oleh penumpukan kulit mati. Cerahkan kembali warna kulitmu dengan mencampurkan 1 buah lemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu. Gosok campuran tersebut secara lembut ke paha bagian dalam, kemudian bilas.

Yoghurt oatmeal

Tidak hanya lezat untuk dimakan, oatmeal ternyata juga dapat digunakan sebagai obat eksim dan kondisi kulit inflamasi lainnya. Sedangkan yoghurt mengandung asam laktat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Jika kedua bahan ini dicampurkan, maka dapat membantu mencerahkan bagian kulitmu yang gelap. Caranya mudah, cukup campurkan oatmeal dan yoghurt tawar dalam takaran yang sama. Kemudian, oleskan ke bagian kulit yang gelap dan cuci hingga bersih.

Lidah buaya dan kentang

Lidah Buaya
Ilustrasi lidah buaya/copyright shutterstock

Lidah buaya

Saat ini, banyak produk skincare yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar karena bahan alami ini kaya manfaat, tidak hanya untuk rambut tapi juga kulit. Produk yang berbahan gel lidah buaya dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan lecet. Ini karena lidah buaya mengandung aloin yang dapat mencerahkan kulit. Cukup mengoleskan lidah buaya ke bagian kulit yang gelap dan biarkan hingga ia meresap ke dalam kulit, warna kulit yang gelap lama kelaman akan kembali cerah.

Kentang

Selain sebagai sayur, kentang juga berfungsi untuk kecantikan kulit, lho. Kentang memiliki kandungan katekolase, enzim dalam kentang yang khasiatnya mampu mencerahkan kulit. Caranya memanfaatkan kentang juga mudah. Cukup mengiris kentang dan menggosokkannya di area kulit yang gelap secara perlahan selama 15 menit. Lalu bersihkan dengan air mengalir.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Cerahkan Kulit Ketiak yang Gelap dengan Bahan Alami

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓