Manfaat Sari Cuka Apel yang Terlalu Sayang untuk Dilewatkan

fitriandiani09 Apr 2019, 10:30 WIB
cuka apel

Fimela.com, Jakarta Banyak bahan alami yang bisa diandalkan sebagai perawatan kecantikan di rumah, salah satunya adalah sari cuka apel. Meski baunya kurang sedap, tapi sari cuka apel punya banyak manfaat untuk tubuh, lho.

Tidak ada salahnya sedikit menahan bau asam yang menyengat untuk mendapatkan manfaat-manfaat dari sari cuka apel tersebut. Cara pakainya, disesuaikan dengan tujuanmu. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini, yuk!

Untuk Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menyebutkan cuka apel yang dikonsumsi secara rutin dapat menekan nafsu makan dan menjaga tubuh kenyang lebih lama. Untuk dapatkan manfaat ini, kamu harus mencampur 1-2 sendok makan sari cuka apel ke dalam satu gelas air dan diminum satu kali sehari.

Usai minum, kumur-kumur sampai bersih karena asam cuka apel dikhawatirkan merusak gigi.

Untuk Masalah Ketombe

ketombe
Ilustrasi ketombe/pexels

Kotoran, minyak, dan sisa-sisa produk perawatan di rambut dapat berubah jadi ketombe yang tak hanya mengganggu penampilan tapi juga kenyamanan. Tapi, jangan khawatir, kamu bisa atasi dengan sari cuka apel. Caranya; campur satu sendok teh sari cuka apel dengan segelas air, lalu sapukan ke kulit kepala dengan bantuan sisir, sampai terasa merata ke seluruh bagian.

Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan keramas seperti biasa. Sari cuka apel dikenal memiliki antiseptik, enzim aktif, serta mallic acid yang dapat menyeimbangkan pH pada kulit kepala.

Untuk Masalah Kulit

Kulit kusam, berjerawat atau bekas jerawat? Bisa diatasi dengan sari cuka apel! Pakai sari cuka apel sebagai toner. Caranya, campur sari cuka apel dan air dalam botol spray dengan perbandingan 1:1. Lalu semprotkan ke wajah dalam keadaan bersih, tiap menjelang tidur.

Baunya mungkin akan sedikit mengganggu, tapi tidak ada salahnya dicoba!

Lanjutkan Membaca ↓