Bikin Sendiri Conditioner untuk Rambut Kering dari Susu dan Santan

Karla Farhana11 Apr 2019, 11:00 WIB
[Fimela] Masker Rambut

Fimela.com, Jakarta Bukan sampo, conditioner justru menjadi produk perawatan rambut yang paling penting, diikuti dengan masker rambut. Pasalnya, meski sampo dapat membersihkan kulit kepala dan rambut dari kotoran, namun conditioner dapat menghaluskan dan membuat rambutmu jadi mudah diatur. 

Tanpa conditioner, rambut menjadi acak-acakan, sulit diaturdan kusut. Hal ini bukan hanya akan mengganggu penampilan, tetapi juga dapat menyebabkan rambut bercabang dan patah-patah. 

Ada banyak jenis conditioner yang dijual di toko-toko. Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya kamu bisa membuat sendiri conditioner di rumah dengan bahan-bahan dapur yang mudah untuk kamu dapatkan. 

Selain menyenangkan, membuat conditioner sendiri di rumah untuk perawatan rambut, dapat menghemat pengeluaran. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

2 of 3

Conditioner dari Susu dan Santan

Santan
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Santan merupakan condtioner alami terbaik untuk rambut. Tapi, jika kamu memiliki rambut yang mudah weighs down, sebaiknya hati-hati saat menggunakan santan untuk rambut. Karena, rambut akan menjadi sangat berminyak setelahnya. Agar tidak salah, betikut takaran dan beberapa bahan yang kamu perlukan. 

1 sdm madu

1 sdm susu almond

1 sdt santan

1 sdt minyak almond

1 sdt air mawar

3 of 3

Cara Membuat

[Fimela] Rambut
Ilustrasi rambut sehat | unsplash.com

Untuk membuat conditioner alami ini, caranya sangat mudah. Kamu hanya tinggal memasukkan semua bahan dan aduk hingga rata. Pastikan kamu sudah membersihkan kulit kepalamu dari kotoran dan minyak berlebih menggunakan sampo. Setelah itu, aplikasikan pada rambutmu saja, bukan kulit kepala. 

Setelah diaplikasikan merata ke seluruh batang rambut, diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin saja tidak perlu menggunakan sampo lagi. Rambut akan terasa lebih halus dan lembut serta mudah untuk disisir. 

Lanjutkan Membaca ↓