Berikut Tips Mengaplikasikan Foundation yang Tepat Sesuai dengan Kondisi Kulit

Beauty Journal10 Apr 2019, 19:15 WIB
Produk kecantikan

Fimela.com, Jakarta Tampilan makeup yang flawless, tampak mulus dan tahan lama sangat bergantung pada produk complexion yang kamu gunakan, terutama foundation. Ada berbagai faktor yang harus dipertimbangkan supaya produk yang digunakan bisa tepat sesuai dengan skin tone, tipe serta kondisi kulit. Meski sudah yakin telah menggunakan foundation yang tepat, terkadang tetap saja ada masalah baru yang muncul seperti foundation yang patchy, luntur atau memicu timbulnya jerawat karena menyumbat pori-pori. Bila hal-hal tersebut kamu alami, masalahnya mungkin bukan pada foundation yang dipakai tetapi bagaimana cara serta alat yang kamu gunakan untuk mengaplikasikan foundation-nya. Agar tampilan wajah bisa tampak mulus, berikut cara yang tepat mengaplikasikan foundation sesuai dengan jenis dan kondisi kulit:

Kulit Kering

Mengaplikasikan foundation bagi kamu pemilik kulit kering memiliki tantangan tersendiri. Salah memilih produk dan cara mengaplikasikannya bisa berujung membuat tampilan wajah menjadi patchy, atau membuat area wajah yang kering terlihat mengelupas. Untuk menghindarinya, sebaiknya jangan menggunakan jari dalam mengaplikasikan foundation karena akan membuat tampilannya menjadi tidak merata dan kulit tidak dapat menyerap produk dengan maksimal. Pemilik kulit kering disarankan untuk menggunakan sponge dalam mengaplikasikan dan membaurkan foundation untuk menghasilan tampilan makeup yang lebih maksimal dan complexion yang lebih mulus.

Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Foundation Tampak Patchy Akibat Kulit Kering

2 of 3

Kulit Berminyak

Kulit Berminyak
Ilustrasi/copyright shutterstock

Foundation yang tidak tahan lama dan mudah luntur kerap membuat tampilan makeup menjadi tidak maksimal. Masalah tersebut seringkali dialami oleh para pemilik kulit berminyak. Tidak berhenti pada pemilihan produk dengan formula yang tepat serta bebas dari kandungan minyak, cara dalam mengaplikasikan foundation juga berpengaruh untuk membuat foundation tidak mudah luntur pada kulit yang berminyak. Selain memilih foundation yang memberikan hasil akhir yang matte, bisa mengaplikasikannya menggunakan stipple brushsecara perlahan dengan gerakan memutar supaya foundation bisa merata dengan sempurna pada kulit. Setelah itu, gunakan juga setting powder dan setting spray untuk membantu foundation lebih tahan lama.

Baca Juga: Pemilik Kulit Berminyak, Ini 5 Tips Mudah Agar Foundation Tak Mudah Luntur dan Tahan Sepanjang Hari

Kulit Acne-Prone

Bagi pemilik kulit rentan berjerawat, perlu memerhatikan pemilihan dan cara pakai foundation agar mampu menyamarkan noda bekas jerawat di saat yang mendesak. Salah memilih dan memakainya bisa memperparah atau bahkan membuat jerawat baru muncul, loh. Maka itu, bisa menyiasatinya dengan menggunakan foundation yang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Untuk bisa menyamarkan jerawat serta bekasnya dengan maksimal, kamu bisa mengaplikasikan foundation menggunakan sponge di seluruh permukaan wajah dan leher, lalu khusus pada area dengan bekas jerawat menggunakan tangan. Hindari juga beberapa kesalahan mengaplikasikan foundation pada kulit berjerawat, seperti membiarkan wajah dalam keadaan kotor, tidak memakai pelembap atau primer, serta menggunakan aplikator yang kotor.

Baca Juga: Benarkah Menutupi Jerawat dengan Makeup Dapat Memperparah Kondisinya? Ini Jawaban Para Ahli

Kulit Kemerahan

Redness atau kulit yang kemerahan memerlukan foundation dengan formula full coverage agar tersamarkan dengan sempurna. Untuk memaksimalkan hasilnya, kamu bisa mengaplikasikan foundation dengan flat-top kabuki brush. Kuas makeup jenis ini tidak terlalu banyak menyerap produk sehingga memaksimalkan produk agar merata dengan baik. Keluarkan foundation secukupnya di punggung tangan, ambil dengan kuas kemudian aplikasikan produk dengan tekstur krim atau cair dengan gerakan memutar untuk menghasilkan tampilan makeup yang full-coverage dan tampak natural. Sebelum menggunakan, pastikan kuas makeup yang kamu pakai dalam keadaan bersih supaya kemerahan pada kulit tidak bertambah parah, ya!

Baca Juga: Rekomendasi Concealer Drugstore yang Mampu Samarkan Noda Gelap dan Kemerahan di Wajah

Kulit dengan Pori-Pori Besar

Tampilan pori-pori yang besar bisa membuat makeup menjadi tidak mulus dan foundation tampak tidak merata. Lebih parah lagi, pemilihan produk dan cara pemakaian yang salah juga dapat membuat pori-pori tersumbat dan memicu timbulnya jerawat. Untuk itu, pilihlah foundation yang bebas minyak dan berlabel non-comedogenic. Selain itu, hindari pula makeup yang terbuat dari campuran paraffin wax dan isopropyl myristate agar risiko timbulnya jerawat semakin berkurang. Aplikasikan foundation tipis-tipis setelah menggunakan pelembap dan primer. Pilih rounded buffing brush sebagai aplikator untuk menghindari pemakaian produk yang terlalu banyak sehingga mencegah tersumbatnya pori-pori dan makeup yang cakey.

Baca Juga: Duh! 5 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Menyumbat Pori-Pori Kulit Wajah

3 of 3

Simak Video di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓