Tips Mendapatkan Hasil Maksimal dari Perawatan Dokter Kulit

Beauty Journal12 Apr 2019, 11:45 WIB
Dokter Kulit

Fimela.com, Jakarta Punya masalah kulit yang tidak kunjung usai meski sudah bergonta-ganti skin care? Mungkin ini saatnya kamu beralih ke perawatan dokter kulit. Berkonsultasi dengan ahlinya akan membantumu mengetahui akar dari masalah kulit yang dialami, serta bagaimana solusi terbaiknya. Memang sih, kamu akan mengeluarkan biaya yang sedikit lebih besar. Namun, tentu saja sebanding dengan hasilnya. Nah, agar perawatan dokter kulit yang dijalani tidak sia-sia dan mampu memberikan hasil yang maksimal, ini lima hal yang perlu dilakukan.

1. Rutin berkonsultasi

Agar mendapat hasil yang maksimal, bukan hanya obat dan krim dari dokter saja yang harus dipakai secara rutin. kamu pun harus melakukan konsultasi secara rutin. Biasanya, frekuensi akan ditentukan berdasarkan tingkat keparahan dari masalah kulit yang dialami. Bila kondisinya parah, mungkin akan diminta untuk kembali datang dua minggu setelah konsultasi. Saat kulit mulai membaik, frekuensi konsultasi bisa dikurangi menjadi sebulan sekali atau bahkan 3 bulan sekali.

2. Datang tanpa makeup

Saat berkunjung ke dokter kulit, sebaiknya datang dengan wajah yang polos, ya! Dokter kulit perlu melihat keseluruhan kulit kamu dengan saksama dan penggunaan makeup akan menutupi kondisi kulit kamu yang sesungguhnya. Cukup bersihkan wajah dengan cleanser yang lembut di pagi hari, gunakan moisturizer yang ringan, serta sunscreen, ya!

Baca juga: Ini yang Perlu Dipersiapkan Agar Sesi Konsultasi dengan Dermatolog Menjadi Lebih Efektif

2 of 3

3. Rajin menggunakan obat dokter

skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Memang, godaan untuk mencoba produk skin care baru sangat sulit untuk dilawan. Namun, jika kamu ingin mendapatkan hasil perawatan yang maksimal, sebisa mungkin kamu tahan dulu, ya! Sebaiknya gunakan seluruh produk yang telah diresepkan sesuai dengan anjuran dokter kulit. Tak hanya untuk produk skin care, aturan ini juga berlaku jika kamu mendapatkan obat minum.

4. Buat jurnal harian seputar kondisi kulit

Banyak hal yang menjadi faktor penyebab timbulnya masalah kulit. Mulai dari produk skin care yang digunakan, makanan yang dikonsumsi, hingga tingkat stres. Untuk membantu mengetahui faktor pemicu masalah kulit, buatlah sebuah jurnal seputar kondisi kulit sehari-hari. kamu juga bisa melengkapinya dengan foto tanpa makeup setiap hari untuk mengetahui perkembangan kondisi kulitmu.

Baca juga: 5 Tanda Seputar Jerawat yang Jadi Indikator kamu Perlu Mengunjungi Dermatolog

5. Siapkan pertanyaan untuk konsultasi

Punya pertanyaan seputar masalah kulit yang dialami? Catat dan tanyakan pertanyaan tersebut pada sesi konsultasi. Sahabat Fimela akan lebih tahu bagaimana caranya memberikan perawatan terbaik untuk kulit. Tak hanya itu, kamu juga bisa bertanya apakah skin care yang diberikan dokter dapat dipadukan dengan skin care umum lainnya. Pokoknya, jangan sampai kamu keluar dari ruangan dokter dengan keadaan semakin bingung, ya!

Well, semoga informasi ini bermanfaat ya.

3 of 3

Jangan Lewatkan Video Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓