Rekomendasi Hair Mask Alami untuk Rambut yang Rontok

Beauty Journal17 Apr 2019, 13:47 WIB
Masker rambut

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok menjadi permasalahan banyak orang terutama perempuan. Stres, pengaruh obat, hingga keturunan merupakan beberapa penyebab kerontokan rambut. Dikutip dari Hello Glow, kebanyakan orang kehilangan sekitar 50 hingga 100 rambut perharinya. Jumlah tersebut bisa bertambah hingga 250 helai sewaktu mencuci rambut.

Selain menggunakan shampo khusus rambut rontok, ada baiknya mencoba menggunakan masker rambut alami. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan, kok! Penasaran apa saja? Simak artikel berikut ini, ya!

Lidah buaya

Lidah buaya memang sudah banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan rambut hingga perawatan kulit. Tumbuhan satu ini bisa kamu gunakan untuk perawatan rambut rontok hanya dengan mengaplikasikannya pada rambut selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo untuk membersihkan sisa lidah buaya pada rambutmu. Sst, selain itu lidah buaya juga bisa digunakan untuk masalah rambut lain, lho! Seperti rambut bercabang, rambut kering, hingga memanjangkan rambut kamu.

Telur

Kurangnya produksi protein dalam makanan kamu juga dapat menimbulkan permasalahan pada rambut, salah satunya rambut rapuh. Tapi tenang, Sahabat Fimela dapat mengganti kekurangan protein tersebut dengan menggunakannya pada masker rambut. Salah satunya adalah dengan rutin menggunakan masker telur. Tambahkan campuran seperti susu atau madu pada masker telur, kemudian dioleskan pada rambut. Tunggu selama 10-15 menit, lalu bilas menggunakan sampo untuk menghilangkan sisa masker.

Bahan Masker Rambut Lainnya

Masker Rambut
Bahan pilihan untuk masker rambut/copyright shutterstock

Pisang

Tak hanya enak dimakan, pisang juga dapat digunakan sebagai masker rambut, lho! Pisang memiliki kandungan kalium, antioksidan, dan vitamin yang merupakan solusi jitu menghadapi masalah kerontokan rambut. Tambahkan dua buah pisang dengan satu sendok makan olive oil, satu sendok makan coconut oil dan satu sendok makan madu. Oleskan campuran masker tersebut pada kulit kepalamu dan tunggu hingga lima menit. Jangan lupa bilas dengan air hangat agar sisa masker tak menempel pada rambut kamu.

Yogurt

Yogurt memiliki kandungan vitamin B, protein dan vitamin D yang dapat menjadikan rambut lebih berkilau dan tampak lebih sehat. Itu sebabnya, yogurt bisa dijadikan masker untuk memperbaiki berbagai masalah rambut. Campurkan satu cup yogurt, satu sendok makan cuka sari apel, dan satu sendok makan madu. Kemudian oleskan campuran tersebut pada ujung hingga akar rambut. Biarkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air dingin.

Jus Jeruk

Jus jeruk untuk masker rambut? Kenapa tidak! Jus jeruk ternyata memiliki khasiat untuk menebalkan rambut dan mencegah ketombe. kamu hanya perlu mengupas satu buah jeruk, kemudian haluskan menggunakan blender. Oleskan pada rambut kamu dan tunggu selama 20 menit. Selain menebalkan dan mencegah ketombe, masker jus jeruk juga dapat membuat rambut kamu harum dan segar.

Jadi mana yang menjadi favoritmu? Share di kolom komentar.

Lanjutkan Membaca ↓