Cara Kerja Salicylic Acid dalam Menyembuhkan Jerawat

fitriandiani18 Apr 2019, 13:30 WIB
Cara Mencegah Jerawat

Fimela.com, Jakarta Saat kulit menghadapi masalah jerawat, salicylic acid adalah satu nama yang sering disebut sebagai solusi. Skincare yang mengandung senyawa ini disebut ampuh mengatasi masalah jerawat dalam waktu cukup singkat.

Well, salicylic acid memang 'musuh' bagi jerawat. Ketika mengaplikasikan skincare yang mengandung salicylic acid di malam hari, keesokan paginya mungkin jerawat sudah mereda dan kering!

Sahabat Fimela, penasaran bagaimana cara kerja salicylic acid dalam mengatasi jerawat? Simak di bawah ini, yuk, penjelasannya!

 

2 of 2

Penjelasan Ilmiah Mengapa Salicylic Acid Ampuh Atasi Jerawat

skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Melansir dari allure.com, penjelasan Randy Schueller, dermatologis asal Chicago adalah sebagai berikut; "Salicylic acid adalah beta hydroxy acid, yang berarti bagian hidroxy molekul dipisahkan dari bagian asam dengan dua atom karbon, sebagai lawan dari asam alfa hidroxy di mana mereka dipisahkan oleh satu atom karbon."

Struktur demikian penting karena membuat salicylic acid mudah larut dalam minyak dan menembus ke dalam pori-pori kulit. Dari dalam, senyawa ini menyelesaikan penyebab jerawat di akarnya.

Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Salicylic acid juga mampu mengurangi sekresi sebum, plus memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan jerawat meradang. Tapi, penting untuk diketahui bahwa salicylic acid bekerja paling efektif mengatasi blackheads dan whiteheads--jerawat yang penyebabnya di permukaan kulit--bukan jerawat hormonal.

Lanjutkan Membaca ↓