5 Cara Benar Saat Keramas, Agar Rambut Tidak Berketombe dan Rontok

Anisha Saktian Putri19 Apr 2019, 15:00 WIB
Lakukan Hal Ini Sebelum Memakai Sampo untuk Keramas

Fimela.com, Jakarta Ketika keramas, tentu kita menginginkan rambut sehat tanpa permasalah seperti rontok atau ketombe. Tapi pernahkah sahabat Fimela mengalami ketombe dan rambut rontok, setelah keramas. Padahal sudah menggunakan shampo secara tepat sesuai kebutuhan.

Lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi? Head of Research and Development Skin Care and Hair Care Wardah Comestics Ridwan Sonjaya menjelaskan jika setelah keramas justru terjadi masalah pada rambut, bisa jadi sahabat Fimela melakukan kesalahan dalam teknik keramas.

"Biasanya orang menyalahkan shampo, padahal kesalahan tersebut terjadi karena teknik menggunakan shampo yang salah, masih banyak orang yang tidak mengerti akan hal tersebut," ujarnya saat ditemui di Research and Innovation Center PT Paragon Technology and Innovation, Tangerang.

Ridwan pun memberikan beberapa tips agar melakukan teknik menggunakan shampo dengan benar.

1. Pastikan kondisi rambut dan kulit kepala basah saat keramas

Jangan sampai masih kering lalu diusap dengan shampo, apalagi nanti bilasnya kurang bersih. Bisa malah bikin rambut rusak karena bahan aktif tertinggal.

Dan usahakan bilas hingga bersih sampai busa halus yang menempel di rambut, benar-benar hilang. Sebab, busa yang tertinggal dapat membuat kulit kepala gatal.

2 of 2

2. Lakukan pemijatan

Ilustrasi keramas
Mengatasi ketombe dan rambut rontok bisa dilakukan di rumah dengan cara simpel, lho. Gimana caranya?

Setelah mengusap shampo ke kepala, usahakan sambil memijat kulit kepala sekira 3-5 mrnit. Biasanya arahnya ke belakang, dari kulit kepala ke bagian rambut. Cara ini fungsinya dapat menenangkan kondisi kulit kepalamu.

3. Takaran shampo

Shampo yang akan dipakai tergantung tingkat ketebalan rambut. Kalau rambut normal, cukup tuang shampo di bagian telapak tangan secukupnya. Usapkan sampai merata dan tidak terlalu berlebihan.

4. Keringkan dengan benar

Setelah dibilas, pastikan rambut benar-benar mengering. Pakailah handuk yang halus dengan menggosok rambut secara perlahan.

5. Keramas dua kali sehari dan gunakan conditioner

Disarankan untuk keramas dua kali sehari untuk perempuan dan sehari sekali untuk pria. Pilih juga shampo yang aman, tidak mengandung silikon dan deterjen berlebihan.

Setelah keramas gunakan kondisioner agar rambut lebih sehat. Caranya aplikasikan di batang rambut agar rambut tumbuh normal. Tekniknya, usaplah bagian batang rambut ke bawah. Jangan digosok-gosok ke kepala agar tidak memicu kulit kepala berminyak.

 

Lanjutkan Membaca ↓