3 Kesalahan Keramas yang Bikin Rambut Berketombe

fitriandiani18 Apr 2019, 20:30 WIB
Ketombe

Fimela.com, Jakarta Ketombe merupakan tanda kulit kepala tidak sehat. Tapi, penyebabnya juga bisa beragam. Salah satu penyebab munculnya ketombe adalah cara keramas yang salah.

Keramas berperan penting dalam menjaga kebersihan rambut dari sebum dan kotoran yang menempel di kulit. Jika cara keramasnya salah, tak heran kalau ketombe bermunculan.

Jangan dibiarkan, selain mengganggu penampilan ketombe bisa membuat kulit kepala gatal hingga rambut rontok, lho. Lebih perhatikan cara keramas yang tepat, yuk! Hindari kesalahan berikut ini, ya.

 

Kesalahan Saat Keramas yang Menyebabkan Ketombe

Sering keramas
Sering keramas/copyright shutterstock

Terburu-buru

Baiknya kamu luangkan waktu jika memang sudah saatnya keramas. Sebab, keramas tak bisa dilakukan terburu-buru. Kamu harus mengosok kulit kepala secara halus ke seluruh bagian, baru memijatnya perlahan-lahan.

Menyisakan shampoo

Residu dari shampoo maupun conditioner yang mengendap di kepala bisa jadi penyebab ketombe di kemudian hari. Pastikan kamu selalu membilas kepala sampai bersih tiap kali selesai treatment rambut.

Menggosok dengan handuk

Ini adalah satu gerakan yang biasa dilakukan tiap selesai keramas. Sebenarnya tidak salah, kita memang harus mengeringkan rambut usai keramas, tapi tidak dengan terlalu keras karena itu bisa merangsang kulit kepala menghasilkan sebum lebih banyak dan pada akhirnya memicu ketombe.

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓