Tips Ideal Melakukan Perawatan Facial, Wajib Coba

Beauty Journal18 Apr 2019, 11:45 WIB
Facial

Fimela.com, Jakarta Merawat kesehatan kulit memang susah-susah gampang ya? Agar kulit tetap sehat dan cantik, tentunya Sahabat Fimela perlu melakukan perawatan wajah harian, seperti double cleansing, penggunaan masker wajah, dan memberikan kulit perlindungan terhadap sinar matahari. Selain ketiga hal tersebut, kamu juga bisa menambahkan perawatan lainnya untuk menunjang kesehatan kulit. Biasanya, perawatan kulit wajah seperti facial menjadi pilihan utama para wanita untuk memelihara kecantikan kulitnya. Perawatan facial disebut-sebut memiliki beragam manfaat untuk kulit, mulai dari mengangkat sel-sel kulit mati hingga menghaluskan kulit. Sebetulnya, seberapa seringkah perawatan facial yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit? Simak pembahasannya di bawah ini.

Jangka Waktu Perawatan Facial yang Ideal

Seberapa sering harus melakukan facial bisa bergantung pada beberapa faktor, misalnya jenis kulit serta usia. Seorang dokter kulit yang berbasis di New York City, Ellen Marmur, menyarankan bahwa idealnya, seseorang dapat melakukan perawatan facial setidaknya sebulan sekali. Hal ini dikarenakan kulit membutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk meregenerasi sel-sel epidermis yang termasuk di dalam siklus pergantian sel kulit manusia. Seperti yang telah kamu ketahui, jenis kulit bermacam-macam, mulai dari kulit normal, kering, berminyak, sensitif, hingga acne-prone. Jika memiliki jenis kulit berminyak dan cenderung berjerawat, kamu bisa rutin melakukan perawatan facial setiap sebulan sekali untuk mengeluarkan komedo yang menyumbat pori-pori. Apabila kulit kamu tergolong normal, kombinasi, kering, dan sensitif dengan jumlah komedo yang minim, facialdapat dilakukan setiap dua bulan sekali untuk memfokuskan pada pengangkatan sel-sel kulit mati.

Baca Juga: Agar Tidak Menyebabkan Iritasi pada Kulit, Ini Dia Tips Membersihkan Wajah yang Tepat Setelah Melakukan Facial

Tips Kecantikan Lainnya

Facial/mlg
Ilustrasi facial/copyright shutterstock

Selain itu, seberapa seringnya facial juga bisa ditentukan dari usiamu. Bagi seseorang yang masih tergolong berusia muda, seperti 20-an, bisa dibilang masih memiliki kondisi kulit yang baik karena regenerasi sel-sel kulit terjadi secara alami dan cepat. Facial setiap 2-3 bulan sekali dapat menjadi perawatan kulit tambahan untuk semata-mata mempertahankan kulit tetap sehat dan bebas komedo. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin berkurang sehingga dibutuhkan perawatan kulit tambahan untuk mengangkat kulit mati dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit yang baru secara efektif. Karena itulah, bagi yang berusia lanjut dapat memilih facial yang tidak hanya fokus pada mengangkat komedo dan kulit mati saja, tetapi juga untuk perawatan anti-aging seperti facial dengan terapi LED Light atau mikrodermabrasi.

Joanna Vargas, seorang ahli kecantikan dari New York City, selalu merekomendasikan kliennya untuk rutin melakukan facial karena menurutnya perawatan kulit rumahan saja tidak cukup. Apalagi, kondisi kulit kamu selalu berubah-ubah tergantung pada musim serta gaya hidup. Jadi, melakukan perawatan kulit bulanan, seperti facial, dapat memastikan kamu untuk mendapatkan perawatan terbaik bagi kesehatan kulit. Ia menyarankan agar melakukan facial di klinik kecantikan kulit yang disupervisi langsung oleh dokter spesialis kulit agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Apakah Akan Timbul Masalah Jika Terlalu Sering Melakukan Facial?

Jika melakukan perawatan facial lebih dari sekali dalam jangka waktu satu bulan, tentunya bisa mengiritasi kulitmu. Bagi pemilik kulit normal yang menggunakan produk skin care bersifat exfoliating secara rutin di rumah, seperti toner dan serum dengan kandungan retinol, lactic acid, glycolic acid, serta jenis asam lainnya, mungkin dibutuhkan waktu lebih dari dua bulan hingga kamu memutuskan untuk melakukan perawatan facial agar kulit tidak mengalami over eksfoliasi.

Baca Juga: Kulit Kemerahan Setelah Melakukan Perawatan Facial? Lakukan Hal Ini untuk Meredakannya

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓