Tips Menggunakan Acne Patch agar Kulit Tetap Terawat

Beauty Journal21 Apr 2019, 11:45 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Selain menggunakan tea tree oil atau clay mask, acne patch menjadi salah satu solusi praktis lain yang banyak dipilih perempuan untuk menyembuhkan jerawat. Acne patch alias plester jerawat memang tergolong sangat praktis untuk digunakan. kamu hanya perlu menempelkan plester bulat mungil ini pada jerawat, mendiamkannya selama beberapa waktu, lalu jerawat pun akan mengempis. Nah, agar kulit tetap sehat terawat setelah melepaskan acne patch, coba lakukan beberapa hal berikut ini, yuk!

1. Bersihkan wajah

Setelah menggunakan acne patch semalaman, umumnya akan terbangun dengan kondisi patch yang telah memutih. Hal ini disebabkan karena patch telah menyerap isi jerawat. Saat patch dibuka, residu perekat alias lem pun kemungkinan masih bersisa pada kulit. Nah, agar kondisi kulit tetap terjaga, pastikan segera membersihkan wajah setelah menggunakan acne patch guna menyingkirkan sisa perekat.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi
Eksfoliasi/copyright shutterstock

Saat kulit tengah berjerawat, mungkin kamu akan menghindari eksfoliasi demi mencegah jerawat semakin meradang. Namun saat jerawat sudah mengempis, bisa segera melakukan eksfoliasi. Fokuskan eksfoliasi pada area wajah yang paling banyak terdapat penumpukan sel kulit mati, termasuk area di mana kamu sebelumnya pernah menempelkan acne patch. Selain untuk membersihkan residu perekat yang mungkin masih tersisa, eksfoliasi juga akan membantu mendorong pergantian sel-sel kulit mati guna meminimalisir bekas jerawat.

3. Gunakan moisturizer

Selain mampu menyedot isi jerawat, acne patch juga dapat menarik kelembapan kulit yang berada di bawahnya. Oleh karenanya, jangan heran jika area kulit sekitar acne patch seringkali terlihat kering dan memerah. Nah, untuk mengembalikan kondisi kulit seperti sedia kala, pastikan selalu mengaplikasikan pelembap di area bekas acne patch. Tak hanya dapat menjaga kulit agar tetap lembap, cara ini juga akan mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari, lho!

Baca juga: Menyamarkan Sekaligus Menyembuhkan Jerawat dengan Acne Patch. Ini 7 Produk Rekomendasinya untukmu

4. Kembali mengaplikasikan acne patch

acne patch
acne patch/copyright shutterstock

Walaupun sudah menggunakan acne patch, bukan berarti kondisi jerawat sudah ‘sembuh’ sepenuhnya. Terkadang, jerawat masih menyisakan sedikit ‘isi’ yang belum terangkat. Untuk menghindari jerawat semakin meradang karena terekspos polusi dan debu sekaligus menjaganya agar tak bersentuhan langsung dengan makeup, kamu bisa kembali mengaplikasikan acne patch hingga seluruh isi jerawat benar-benar telah terserap.

Baca juga: Ragam Solusi Praktis untuk Menyembuhkan Jerawat. Tertarik Coba yang Mana?

Lanjutkan Membaca ↓