Jenis Waxing yang Wajib Diketahui untuk Kulit Lebih Mulus

Beauty Journal24 Apr 2019, 11:45 WIB
waxing

Fimela.com, Jakarta Kulit yang mulus bebas bulu, terkadang bisa memberikan rasa percaya diri bagi sebagian perempuan. Maka itu berbagai perawatan pun dipilih untuk bisa menghilangkan bulu di area tubuh yang tak diinginkan. Selain perawatan laser untuk menghilangkan bulu secara permanen, perawatan waxing juga tak kalah populer dan jadi pilihan banyak perempuan. Alasan utama mengapa perempuan menyukai teknik ini adalah karena bulu halus tidak dapat tumbuh kembali dalam jangka waktu yang lama jika dibandingkan dengan mencukur. Namun, apakah kamu tahu bahwa waxing memiliki berbagai varian yang memiliki manfaat berbeda untuk setiap jenisnya? Yuk simak berbagai jenis waxing beserta manfaatnya, melalui penjelasan di bawah ini!

Soft wax

Soft wax merupakan jenis waxing yang paling umum dipilih para perempuan untuk menghilangkan bulu di tubuh. Cara mengaplikasikannya dengan menggunakan lilin lembut yang terbuat dari parafin dan kemudian dioleskan ke bagian bulu yang ingin dihilangkan. Lalu, lilin ditutup dengan kain kasa dan didiamkan beberapa saat. Setelah itu kain akan dicabut bersamaan dengan bulu yang berada di bawahnya. Soft wax tergolong praktis digunakan untuk menghilangkan bulu halus pada area tubuh yang luas, seperti kaki, punggung, atau lengan. Namun kamu yang melakukan perawatan ini tentu harus rela menahan sedikit rasa sakit ketika proses pencabutan bulu, ya!

Hard wax

Selain soft wax, ada juga perawatan mencabut bulu yang disebut hard wax. Proses menghilangkan bulu dengan hard wax sedikit mirip dengan soft wax, hanya saja, kamu tidak membutuhkan kain kasa untuk mencabut bulu. Hard wax biasanya hadir dalam bentuk lilin yang akan mengeras dengan sendirinya, dan bisa langsung dicabut bersamaan dengan bulu yang ada di bawahnya. perawatan dengan teknik hard wax disebut jauh lebih aman jika dibandingkan soft wax karena tidak merusak kulit, sedangkan soft wax memiliki kemungkinan akan turut menarik kulit dan membuat gatal. Keduanya cocok untuk kulit normal dan tidak disarankan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Nah, yang memiliki jenis kulit sensitif, mungkin jenis waxing yang cocok untuk ada di bawah ini.

2 of 3

Jenis Waxing yang Lainnya

Waxing dengan bahan alami di rumah
Ilustrasi waxing. (Foto: unsplash.com)

Fruit wax

Tidak cocok dengan soft wax maupun hard wax karena kulit kamu sensitif? Tak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan fruit wax sebagai gantinya. Eh, tapi tidak semua buah bisa digunakan sebagai fruit wax, ya! Buah yang cocok untuk waxing jenis ini adalah ekstrak buah beri yang kaya akan antioksidan dan cocok untuk kulit sensitif. Meskipun membutuhkan biaya lebih, fruit wax jauh lebih lembut dan tidak menarik kulit.

Sugar wax

Sahabat Fimela memiliki jenis kulit yang sensitif dan berminyak? Sugar wax ini bisa dijadikan solusi ampuh untuk kedua jenis kulit tersebut. Tentu gula saja tidak cukup untuk melakukan sugar wax. kamu perlu menambahkan lemon dan air agar mendapatkan hasil yang maksimal. Keduanya merupakan bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan bulu halus tanpa harus menarik kulit kamu.

Chocolate wax

Meskipun coklat mengandung banyak kalori yang dapat membuat berat badan naik, tetapi ada manfaat dari cokelat yang baik untuk kulit, lho. Seperti manfaat dalam memperlambat proses penuaan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. NahwWaxing menggunakan coklat tidak hanya dapat menghilangkan bulu halus, tetapi juga membuat kulit kenyal, bercahaya, dan melembapkannya. Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: 5 Cara yang Dapat Dilakukan untuk Meredakan Kulit Iritasi Setelah Waxing

3 of 3

Simak Video di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓