Waspada, Jangan Sampai Lakukan Kesalahan Saat Gunakan Masker Rambut

Karla Farhana02 Mei 2019, 18:30 WIB
Benarkah Cat Rambut Warna Gelap Bisa Picu Kanker Payudara?

Fimela.com, Jakarta Merawat rambut tidak melulu harus ke salon. Di rumah pun, Sahabat Fimela juga dapat melakukan rutinitas perawatan mahkota alami. Contohnya, dengan menggunakan masker rambut secara berkala. 

Dilansir dari Essence, masker rambut yang menutrisi dan melembapkan dapat menyehatkan rambut rusak yang kusut, berubah warna akibat terlalu banyak terkena paparan matahari, serta penggunaan heat styler. 

Meskipun begitu, semua memerlukan proses. Paling tidak, Essence merekemondasikan untuk mengenakan masker rambut baik yang alami atau buatan produk tertentu seminggu sekali setelah keramas. 

Namun, tidak banyak perempuan yang melakukannya dengan baik dan tepat. Dilansir dari Naturally Curly, ada banyak cara yang justru merusak rambut. Berikut ini beberapa kesalahan yang tidak boleh kamu lakukan saat menggunakan masker rambut. 

Terlalu Banyak atau Lama

Tips Menjaga Tekstur Rambut Loose Wave Buatan agar Lebih Tahan Lama
Ilustrasi rambut loose wave. (Foto: unsplash.com)

Penggunaan masker rambut memang harus dilakukan dengan rutin, agar kamu dapat melihat perubahan dan mendapatkan manfaatnya. Also, don't over do it! 

Kalau terlalu banyak menggunakannya, kamu akan menghabiskan banyak produk secara berlebihan. Karena itu, cukup menggunakannya secukupnya. Yang penting, semua batang rambut terselimutu oleh produk maskermu. Jangan lupa, diamkan hanya 20 menit hingga 1 jam. 

Perhatikan Kandungan

Perhatikan juga kandungan di dalamnya. Selain bahan-bahan alami yang menutrisi, hindari silikon dan paraben serta sulfat yang dapat membuat rambut justru menjadi kering. 

Juga, perhatikan kandungan lain seperti protein. Jika menggunakan masker berprotein, hindari pemakaian conditioner yang mengandung protein juga. Karena, terlalu banyak protein akan merusak rambut juga. Jadi, jangan lakukan kesalahan di atas, ya. 

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓