5 Tanda Saatnya Sahabat Fimela Mengganti Rutinitas Skin Care

Beauty Journal30 Apr 2019, 19:15 WIB
Tips Cantik

Fimela.com, Jakarta Dalam setahun, seberapa sering Sahabat Fimela mengubah penampilan? Mulai dari memotong hingga mewarnai rambut, perubahan pada penampilan akan memberikan kesan yang lebih fresh pada diri kita. Lalu, kalau mengubah rutinitas skin care, apa kamu juga pernah melakukannya? Meskipun sudah memiliki beberapa produk skin care andalan, akan ada masanya di mana skin care yang kamu gunakan sudah tidak lagi bisa menutrisi kulit dengan maksimal. Bahkan, justru dapat menyebabkan kerusakan pada kulitmu, lho! Nah, kalau kulit kamu mengalami tanda-tanda berikut ini, sudah waktunya mengganti rutinitas skin care.

1. Kulit berubah menjadi semakin kering

Kulit kita mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Inilah yang membuat kita sebaiknya memiliki beberapa jenis skin care sekaligus. Misalnya, kamu memiliki kulit yang kering, tetapi tetap kering meski sudah menggunakan pelembap. Ini dapat menjadi tanda bahwa kulit kamu mengalami dehidrasi dan cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mampu menghidrasi kulit.

2. Kondisi breakout semakin buruk

Kulit mengalami breakout yang parah meski sudah menggunakan skin care kamulan kamu? Ini tkamunya kamu perlu mengganti rutinitas skin care. Kulit bisa menjadi lebih kebal terhadap skin care tertentu sehingga tidak mampu mengobati kulit seperti biasanya. Kalau hal ini terjadi, coba ganti produk kamu dengan jenis yang baru. Sebagai permulaan, kamu bisa memilih produk baru dengan kandungan yang serupa dengan produk sebelumnya.

Baca juga: Ingin Rutinitas Skin Care Praktis Tapi Tetap Efektif? Ini Langkah Dasar Perawatan yang Harus Dilakukan

Masalah Kesehatan Kulit Lainnya

Jerawat/mlg
Ilustrasi mengatasi jerawat/copyright shutterstock

3. Muncul dark spot baru pada wajah

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab munculnya dark spot seperti paparan sinar matahari, bekas jerawat, hingga scrub yang teksturnya terlalu kasar. Kemunculan dark spot pada wajah sebenarnya bisa dicegah. Misalnya, dengan rajin menggunakan sunscreen atau melakukan eksfoliasi untuk membuat dark spot menjadi lebih samar. Jika menyadari kemunculan dark spot yang terus bertambah, sudah waktunya kamu mengganti rutinitas skin care.

4. Kulit mengalami kemerahan

Kulit yang memiliki rona merah merupakan indikator dari kulit yang sehat. Namun, jika kemerahan yang dialami terlihat berlebihan, ini bisa menjadi tkamu kulitmu mengalami inflamasi. Inflamasi bisa disebabkan oleh penggunaan skin care yang kurang cocok, seperti yang memiliki kandungan terlalu keras atau sebagai tkamu kulit mengalami eksfoliasi yang berlebihan. Agar kulit membaik, atur rutinitas skin care kamu dengan produk yang lebih gentle untuk kulit, ya!

Baca juga: Sebelum Menambahkan Produk Skin Care dari Dokter ke Dalam Rutinitas Perawatan Kulit, Ini Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

5. Kulit terasa gatal dan sensitif

Kulit menjadi iritasi dan lebih sensitif, mungkin sudah waktunya mengganti rutinitas skin care. Ada beberapa produk skin care yang berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit. Misalnya, alkohol, retinol, atau acid. Nah, jika kamu mengalami masalah kulit ini bisa jadi produk yang kamu gunakan bersifat terlalu keras untuk kulit kamu. Coba ganti produk atau frekuensi penggunaan produk skin caremu, ya!

Well, semoga informasi ini bermanfaat ya.

Simak Video di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓