Tips Layering Bagi Sahabat Fimela yang Menggunakan Berbagai Jenis Serum

Beauty Journal12 Mei 2019, 19:15 WIB
Serum

Fimela.com, Jakarta Selain pembersih dan pelembap, ada satu jenis produk perawatan wajah yang tidak boleh ketinggalan, yaitu serum. Serum memiliki konsentrat yang tinggi dan diformulasikan untuk mengatasi masalah skin care yang spesifik. Misalnya, untuk masalah dark spot dapat menggunakan retinol, atau untuk masalah kulit dehidrasi dapat menggunakan hyaluronic acid. Lalu, bagaimana jika punya beberapa masalah kulit sekaligus yang ingin ditangani?

Jawabannya sederhana; dengan melakukan layering serum! Teknik ini akan membantu perawatan kulit jadi lebih maksimal. Nah, jika penasaran dan ingin mencoba, pastikan untuk melakukannya dengan benar, ya! Berikut ini adalah cara melakukan layering serum dengan benar.

1. Mulai dari tekstur yang paling ringan

Serupa dengan urutan penggunaan skin care lainnya, serum yang memiliki tekstur paling ringan atau konsistensi paling encer harus diaplikasikan terlebih dahulu. Serum bertekstur ringan dapat menyerap dengan cepat pada kulit, sedangkan serum yang konsistensinya cenderung kental akan membantu mengunci kelembapan dan kandungan serum pada kulit. Nah, bila serum yang digunakan memiliki tekstur mirip, mulailah dari kandungan serum mana yang paling ingin kamu rasakan manfaatnya. Misalnya, jika ingin mengatasi masalah bekas jerawat, kamu bisa menggunakan serum vitamin C terlebih dahulu.

Tips lainnya

Ilustrasi serum/copyright shutterstock
Ilustrasi serum/copyright shutterstock

2. Hindari mencampur lebih dari tiga jenis serum

Ingin mendapatkan banyak manfaat dari serum, bukan berarti kamu bisa mencampur serum sebanyak mungkin. Selain akan membuang banyak waktu, penggunaan terlalu banyak jenis serum juga mengurangi risiko serum tersebut dapat terserap dengan baik pada kulit. Pilihlah tiga jenis serum yang paling kulitmu butuhkan. Dari tiga serum tersebut, kamu bisa memilih satu serum multifungsi yang mampu mengatasi masalah kulit umum dan lengkapi serum tersebut dengan jenis lainnya yang memiliki fungsi lebih spesifik.

Baca juga: Mask Layering, Cara untuk Mendapatkan Manfaat Lebih dari 1 Masker Sekaligus

3. Aplikasikan dengan gerakan memijat

Serum sebaiknya diaplikasikan dengan gerakan memijat untuk membantu proses penyerapan. Selain itu, gerakan memijat wajah ini juga membantu meningkatkan peredaran darah, serta membantu menyalurkan oksigen dan nutrisi pada kulit, sehingga akan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

4. Beri waktu agar serum menyerap dengan maksimal

Salah satu hal yang paling penting saat melakukan layering serum adalah memberikan waktu bagi masing-masing serum untuk menyerap. Selain membuat proses penyerapan lebih efektif, memberikan waktu selama 1-2 menit sebelum melapiskan serum selanjutnya juga dapat mencegah terjadinya pilling atau penggumpalan produk yang sudah digunakan sebelumnya, saat kamu mengaplikasikan pelembap, sunscreen, atau makeup.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Berikut Supaya Layering Skin Care Maksimal

5. Layering serum lebih baik dilakukan malam hari

Berisi dengan kandungan dalam konsentrasi tinggi membuat beberapa jenis serum berpotensi meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, seperti retinol, AHA, BHA, dan hydroquinone. Maka itu, layering serumyang melibatkan kandungan tersebut sebaiknya dilakukan pada malam hari. Lagipula, kulit kita berada di kondisi memulihkan diri pada malam hari sehingga serum akan bekerja dengan lebih baik.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓