Tips Melentikkan Bulu Mata tanpa Penjepit Bulu Mata

Beauty Journal01 Jun 2019, 18:15 WIB
Bulu Mata

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara termudah untuk mempercantik area mata adalah dengan menggunakan penjepit bulu mata agar bulu mata tampak lentik. Apalagi, jika sebelumnya kamu memiliki bulu mata yang tergolong lurus dan turun. Walau kini terdapat beberapa solusi semi-permanen untuk dapatkan bulu mata yang lentik dan naik seperti lash lift atau lash extension, namun tak sedikit juga yang lebih memilih metode konvensional, yakni menggunakan penjepit bulu mata. Nah, sayangnya, benda yang satu ini mungkin tak setiap hari kamu bawa, bahkan seringkali hilang di rumah. Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa tips untuk melentikkan bulu mata tanpa penjepit bulu mata yang bisa kamu coba, kok! Yuk, lihat di sini!

1. Manfaatkan sendok

Tak hanya bisa digunakan untuk membantu aplikasi eyeliner dan eyeshadow, serta mengurangi kantung mata, rupanya sendok juga bisa digunakan untuk melentikkan bulu mata, lho! Caranya, hangatkan sendok besi dengan merendamnya di air hangat selama beberapa menit. Pastikan sendok berada dalam keadaan hangat–bukan panas, lalu tekan bulu mata ke atas menggunakan punggung sendok dan tahan selama 10-20 detik. Hangat dari sendok akan membantu menahan kelentikan bulu mata, sebagaimana heated eyelash curler atau alat catok rambut bekerja. Selagi bulu mata masih lentik, 'kunci' kelentikan tersebut menggunakan maskara agar kelentikan bulu mata bertahan lebih lama.

Baca juga: Dapat Dialihfungsikan Sebagai Alat Kecantikan, Ini 5 Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Sebuah Sendok

2. Tahan dengan cotton bud

Jika Sahabat Fimela adalah penggiat tips kecantikan, pasti cotton bud yang memiliki segudang manfaat sudah menjadi benda yang wajib dimiliki. Untuk melentikkan bulu mata menggunakan cotton bud, aplikasikan maskara seperti biasa terlebih dahulu. Nah, ini poin pentingnya: sebelum maskara kamu kering, gunakan tangkai cotton bud (bagian tangkai plastiknya) untuk mendorong bulu mata ke arah atas dan tahan selama paling tidak 30 detik.

Dengan ditahan cotton bud, maskara akan kering dalam posisi naik ke atas dan memberikan tampilan bulu mata lentik. Oh, iya, trik ini tidak akan bekerja seefektif apabila menggunakan mascara wand, karena mascara wand akan membuat bulu matamu tetap berada dalam keadaan basah alih-alih mengering. Namun, bisa mengganti cotton bud dengan stik atau tangkai lainnya dalam keadaan kering seperti sumpit atau alat pendorong kutikula.

Baca juga: Di Balik Bentuknya yang Mungil, Cotton Bud Ternyata Punya Banyak Manfaat Kecantikan, Lho!

Cara Melentikkan Bulu Mata

Ilustrasi bulu mata
Ilustrasi bulu mata. Sumber foto: unsplash.com/Mihai Stefan.

3. Gunakan hairdryer

Eits, jangan langsung berpikir akan mengarahkan angin panas dari hairdryer pada bulu mata, ya! Bisa-bisa mata kamu malah kepanasan dan perih. Triknya adalah dengan mengatur hairdryer ke pengaturan terendah atau dengan udara hangat saja. Setelah mengaplikasikan maskara, kamu bisa mengangin-anginkan bulu mata menggunakan hairdryer dari arah bawah, agar angin hairdryer mendorong bulu mata kamu ke arah atas. Udara panas dari hairdryer akan membantu menahan kelentikan bulu mata lebih lama. Namun, ingatlah untuk berhati-hati saat mempraktikkan tips ini, ya!

4. Aplikasikan aloe vera gel

Sempat populer beberapa tahun silam, mungkin Sahabat Fimela sudah memiliki aloe vera gel di rumah. Memiliki segudang manfaat, aloe vera juga bisa kamu gunakan untuk membantu mendapatkan tampilan bulu mata yang lebih lentik. Caranya, tuangkan satu titik aloe vera gel pada jari tengah, lalu gosokkan jari tengah dan ibu jari dengan lembut untuk meratakan aloe vera gel, dan aplikasikan aloe vera gel pada bulu mata. Setelah 'melapisi' bulu mata dengan aloe vera, gunakan jari untuk mendorong bulu mata ke arah atas dan tahan selama 30 detik. Setelah aloe vera gel mengering, bulu mata akan tampak lebih lentik. kamu bisa mendiamkannya atau melapisinya dengan maskara untuk kelentikkan tambahan.

Baca juga: Selain Melembapkan Kulit, Ini 5 Manfaat Aloe Vera Gel yang Juga Bisa Dinikmati

5. Manfaatkan jari tangan

Jika sedang berada di luar rumah tanpa adanya benda-benda yang dapat membantu untuk melentikkan bulu mata, tenang saja, kamu bisa menggunakan bantuan jari, kok! Ada dua cara untuk melentikkan bulu mata dengan jari yang bisa kamu coba. Pertama, tanpa menggunakan maskara sebelumnya, gosokkan jari-jari kamu satu sama lain untuk membuatnya hangat. Setelah jari kamu terasa hangat, dorong bulu mata ke arah atas dan tekan selama paling tidak 30 detik, lalu aplikasikan maskara. Cara kedua, aplikasikan maskara terlebih dahulu, lalu sebelum maskara kering, kamu bisa menahan bulu mata sebagaimana trik cotton bud. Namun, tentu cara kedua akan membuat jari kamu terkena maskara dan sedikit kotor, jadi sebaiknya siapkan tisu saat mencoba cara kedua, ya!

Baca juga: Pilihan Penjepit Bulu Mata untuk Mendapatkan Tampilan Bulu Mata Lentik nan Alami

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓