Tips Memakai Primer untuk Hasil Maksimal Menurut Makeup Artist

Beauty Journal14 Mei 2019, 17:15 WIB
Foundation

Fimela.com, Jakarta Bagi Sahabat Fimela yang gemar mengaplikasikan makeup, tentunya primer menjadi salah satu produk yang tidak boleh terlewat untuk digunakan. Selain berfungsi untuk memberi kesan flawless pada wajah, primer juga dapat membuat produk makeup melekat lebih sempurna. Tak mau, kan, makeup yang sudah diaplikasikan dengan susah payah, harus luntur saat baru memasuki tengah hari? Karena itu, menggunakan primer merupakan tahapan penting yang perlu dilakukan sebelum mengaplikasikan makeup. Tetapi kamu juga perlu mengaplikasikannya dengan benar agar tampilan makeup jadi terlihat maksimal. Seperti berbagai tips dari para makeup artist berikut ini, yang mengungkapkan cara terbaik mereka dalam mengaplikasikan primer pada wajah untuk hasil maksimal.

Memilih primer sesuai kebutuhan

Tiap individu memiliki tipe wajah yang berbeda satu sama lain. Produk yang digunakan pun biasanya dibedakan sesuai dengan tipe kulitmu termasuk primer. Makeup artist Elisa Flowers menuturkan bahwa kamu yang memiliki kulit berminyak dapat menggunakan primer dengan klaim mattifying. Sedangkan untuk permasalahan kulit kering, gunakan primer dengan klaim hydrating atau illuminating yang dapat menghidrasi kulit dan menciptakan kesan glowing di wajah.

Cara terbaik menggunakan primer

Hampir semua primer digunakan setelah tahap terakhir pada skincare rutin dan sebelum menggunakan makeup. Dalam mengaplikasikan primer pun ada beberapa cara yang digunakan. Namun makeup artists sekelas Allan Avendano, Mary Phillips, dan Robin Black sepakat bahwa meratakan primer dengan menggunakan jari adalah cara terbaik. Menurut Mary Phillips, penggunaan brush hanya akan menggeser posisi primer di wajah. Namun, jika kamu memiliki germofobia, menggunakan Beautyblender yang sedikit lembap untuk mengaplikasikan primer juga dapat menjadi alternatif.

Jumlah primer yang harus digunakan

Primer
Tips pemakaian primer/copyright shutterstock

Seperti Avendano, Vincent Oquendo juga menyarankan untuk mulai mengaplikasikan primer dalam jumlah kecil untuk melihat seberapa cepat kulitmu menyerap produk. Kulit kering yang cenderung lebih cepat menyerap produk dapat menggunakan primer setara dengan satu buah koin uang 200 Rupiah, sementara orang dengan kulit berminyak cukup menggunakan primer dengan ukuran minimum karena primer cenderung berada di atas kulit lebih lama sebelum diserap kulit. Tak hanya itu, Phillips juga menyarankan agar primer dibiarkan benar-benar terserap ke dalam kulit sebelum kamu menggunakan foundation, concealer, dan produk complexion yang lain.

Kesalahan dalam menggunakan primer

Kesalahan paling sering dilakukan adalah mengaplikasikan makeup terlalu cepat setelah menggunakan primer. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, primer memerlukan waktu setidaknya satu menit hingga ia dapat diserap sempurna oleh kulit. Primer yang tidak terserap sempurna akan menimbulkan pilling atau patchiness.

Tak hanya itu, Robin Black juga mengungkapkan bahwa memiliki primer yang tidak cocok dengan foundation juga merupakan sebuah kesalahan. Ketika kedua produk tidak kompatibel, riasan akan terasa sangat tebal, cakey, dan patchy. Karena itu alangkah baiknya jika kamu mencoba terlebih dahulu primer yang ingin dibeli secara langsung dengan foundation yang dimiliki.

Baca juga: Rekomendasi Primer untuk Kulit Berminyak agar Makeup Tahan Seharian

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓