Perawatan Kulit Anti Jerawat Bagi Pengguna Kacamata

Annissa Wulan20 Mei 2019, 18:30 WIB
Jerawat/mlg

Fimela.com, Jakarta Jerawat bukan masalah kulit yang asing, terutama bagi pengguna kacamata. Area hidung paling umum menjadi tempat munculnya jerawat, benar?

Cara terbaik untuk mengetahui apakah jerawat muncul akibat penggunaan kacamata adalah melihat tempat munculnya. Tanda lainnya adalah kamu mendapati jerawat muncul di tempat yang benar-benar baru setelah menggunakan kacamata.

Bagaimana penggunaan kacamata bisa menyebabkan munculnya jerawat? Dilansir dari self.com, Jumat (17/5/2019), alasannya mungkin karena banyak tekanan di tempat kamu menggunakan kacamata.

Acne Mechanica atau jerawat yang muncul setelah kamu menggunakan kacamata biasanya muncul ketika ada sesuatu yang menekan kulit, mencegah penumpahan normal dari sel-sel kulit. Sel-sel kulit ini akhirnya menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Kulit berminyak dan riasan tebal cenderung akan memperburuk kondisi jerawat ini. Acne Mechanica juga bisa muncul ketika kamu sering berolahraga dan mengenakan pakaian yang memerangkap keringat dan panas.

 

Perawatan kulit anti jerawat bagi pengguna kacamata

Jerawat/mlg
Ilustrasi mengatasi jerawat/copyright shutterstock

1. Sesuaikan kacamata yang digunakan

Kacamata dengan jembatan di bagian hidung adalah yang terbaik, karena membuat kacamata tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Carilah bentuk kacamata yang tidak hanya nyaman digunakan, namun juga meminimalisir munculnya jerawat.

2. Sering membersihkan kacamata

Usahakan untuk selalu membersihkan kacamata, terutama area-area yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah.

3. Gunakan produk skincare untuk kulit berjerawat

Produk skincare untuk kulit berjerawat, seperti asam salisilat adalah cara termudah untuk mengatasi masalah jerawat ringan. Gunakan di malam hari pada area pipi dan hidung.

4. Gunakan produk skincare bebas resep

Jika jerawat muncul hanya di satu area saja, kamu bisa menggunakan produk skincare untuk spot treatment, seperti asam salisilat atau benzoil peroksida. Gunakan sepanjang malam, bilas di pagi hari.

5. Berhenti menggunakan kacamata jika memungkinkan

Kamu bisa mengurangi atau berhenti menggunakan kacamata jika terus menerus menyebabkan munculnya jerawat pada kulit wajah.

6. Selalu membersihkan makeup

Pastikan kamu selalu benar-benar membersihkan makeup sebelum mencuci muka. Penumpukan produk makeup di bawah kacamata juga bisa berkontribusi terhadap munculnya jerawat.

7. Gunakan concealer dengan asam salisilat

Jika jerawatmu sudah mulai membaik, gunakan produk concealer yang mengandung asam salisilat.

Jika jerawat semakin memburuk, sebaiknya periksakan ke dokter kulit. Namun, kebanyakan jerawat yang muncul karena penggunaan kacamata masih bisa diatasi.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓