Metode Konmari ala Marie Kondo untuk Merapikan Produk Kecantikan

Beauty Journal04 Jun 2019, 18:15 WIB
Makeup

ringkasan

  • Metode konmori bisa dapat kamu aplikasikan untuk beauty stuff
  • Pilih dan pilah barang yang benar-benar kamu butuhkan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tanpa perlu menonton serial Netflix berjudul Tidying Up With Marie Kondo, nama Marie Kondo sepertinya sudah tak asing lagi di telinga khalayak. Penulis buku best seller berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up ini memang kian melejit semenjak metode konmari yang dipopulerkannya diterapkan banyak orang. Metode konmari sendiri diyakini dapat membantu seseorang dalam merapikan sekaligus mengorganisir barang di rumah.

Nah, salah satu bagian dari metodenya yang paling populer adalah dengan menanyakan pada diri sendiri, “does this spark joy? alias “apakah benda ini membuat saya senang?”. Tak hanya dapat diterapkan untuk membersihkan rumah, metode ala Marie Kondo juga bisa kamu lakukan untuk merapikan produk kecantikan, lho. Yuk, simak caranya di sini!

Baca juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa kamu Peroleh dari Acara Netflix “Tidying Up With Marie Kondo”

Metode Konmori lainnya

Pouch makeup
Pouch makeup. (Foto: unsplash.com)

1. Satukan seluruh produk kecantikanmu

Baik makeup yang ada di laci, pouch makeup, tas, kamar mandi, bahkan hingga dashboard mobil, kumpulkan seluruh produk kecantikan yang dimiliki dan gabungkan ke dalam satu tempat. Meskipun hal ini akan sedikit membuatmu kewalahan, namun langkah ini tetap perlu dilakukan agar kamu dapat mengetahui produk kecantikan apa saja yang dimiliki secara keseluruhan. Dengan melakukan hal ini, siapa tahu akan menemukan lipstik kesayangan yang selama ini menghilang!

2. Pisahkan produk yang ingin disimpan dan dibuang

Merujuk pada filosofi yang dipegang Marie Kondo, saat memisahkan barang yang ingin disimpan, tanyakan pada diri sendiri apakah barang tersebut membuatmu senang atau tidak. Jika jawabannya ya, pertahankan. Jika jawaban kamu tidak, maka pisahkanlah untuk dibuang atau didonasikan. Selain itu, jangan lupa cek tanggal kedaluwarsa sebelum memisahkan produk-produk kecantikanmu, ya!

3. Pisahkan produk kecantikan sesuai kategori

Setelah memisahkan produk kecantikan yang ingin disimpan, kini waktunya untuk memilah produk-produk tersebut per kategori sesuai fungsinya. Untuk makeup, kamu bisa mengelompokkan produk ke dalam 3 kategori, yakni complexion (foundation, concealer, contour), decorative (eyeshadow, blush on, highlighter), dan lipstik. Untuk skin care, kamu bisa memisahkan berdasarkan jenisnya, mulai dari cleanser, face wash, toner, pelembap, tabir surya, obat jerawat, masker, dan seterusnya.

Tips Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui

Makeup
Ilustrasi makeup/copyright shutterstock

4. Gunakan sistem penyimpanan

Agar usaha merapikan produk kecantikan tidak hanya bertahan 1-2 minggu saja, jangan lupa untuk menyimpannya dengan tempat penyimpanan sesuai kategori, ya! Tak perlu membeli storage khusus, kamu juga bisa memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah, kok! Salah satu tempat penyimpanan favorit Marie Kondo adalah kotak sepatu yang biasanya terbuat dari dus tebal dengan desain menarik. Apabila tiap benda memiliki ‘rumah’ masing-masing, tentu akan lebih terpacu untuk mengembalikan tiap produk ke tempatnya masing-masing setelah digunakan, sehingga dapat mencegah terjadinya produk berantakan.

5. Cermat saat berbelanja

Saat merapikan dan menyingkirkan sebagian koleksi produk kecantikan, dalam prosesnya mungkin akan menyadari warna atau shade apa saja yang sudah dimiliki. Nah, agar produk kecantikan tak lagi menumpuk ke depannya, jadikan pengetahuan tersebut sebagai bekal saat kamu berbelanja di kemudian hari. Usahakan agar kamu hanya membeli produk yang benar-benar dibutuhkan, bukan sekadar karena gemas melihat packaging atau diskon semata.

Baca juga: Tips Cermat Belanja Produk Kecantikan agar Tidak Terbuang Sia-Sia

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓