Mengenal Gua Sha, Facial Tradisional dari Cina yang Menggunakan Batu Giok

Beauty Journal17 Mei 2019, 10:15 WIB
Perawatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Jika Sahabat Fimela adalah seorang beauty enthusiast, tentu tidak asing lagi dengan jade roller yang sedang hype saat ini, dong? Yup, jade roller merupakan alat kecantikan dari batu giok yang populer karena diklaim dapat melancarkan sirkulasi darah yang berimbas pada tampilan kulit yang semakin kencang. Nah, rupanya, teknik kecantikan dengan memanfaatkan batu giok tidak hanya berhenti hingga jade roller saja, lho! Kini juga tengah populer teknik facial dari Tiongkok menggunakan batu giok yang kabarnya dapat meningkatkan kecantikan sekaligus kesehatan kulit. Seperti apa ya teknik facial yang disebut dengan Gua Sha ini? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Facial dengan Teknik Gua Sha sebagai Perawatan Kulit Holistik

Berasal dari tradisi pengobatan kuno di Tiongkok dan Asia Tenggara, Gua Sha secara tradisional dilakukan pada tubuh sebagai teknik gesekan yang kuat menggunakan benda tumpul serta dilakukan antara para anggota keluarga dan turun temurun dari generasi ke generasi. Di Indonesia sendiri, teknik Gua Sha ini lebih banyak dikenal dengan istilah kerokan atau pengobatan tradisional dengan cara menggaruk bagian permukaan kulit yang biasanya untuk mengobati masuk angin. Menurut Britta Plug, ahli perawatan kulit holistik dan pemilik Studio Britta di New York, facial Gua Sha menggunakan teknik yang jauh lebih lembut daripada versi tradisional yang dilakukan pada tubuh.

Baca Juga: Mulai dari Konjac Sponge Hingga Jade Facial Roller, Inilah Alat-alat Kecantikan yang Populer di Internet

Fakta Tentang Gua Sha

Gua Sha
Ilustrasi Gua Sha/copyright sociolla

Berbeda dengan facial wajah yang umumnya berfokus untuk mengekstraksi komedo dan membersihkan wajah, facial Gua Sha adalah teknik pijat yang dirancang untuk meredakan ketegangan pada otot-otot wajah yang dapat menyebabkan kerutan serta garis-garis halus, meningkatkan sirkulasi darah, dan membuat wajah kamu terlihat lebih tirus meskipun hasilnya sementara. Dengan meningkatkan sirkulasi darah yang kaya nutrisi ke otot, Gua Sha berfungsi untuk menyehatkan kulit. Tak hanya itu, teknik ini juga berfungsi untuk melepaskan ketegangan pada otot dan melemaskan alis yang berkerut, melembutkan ekspresi wajah yang tertekan dan mulai melembutkan garis-garis atau lipatan pada kulit wajah sambil membawa sensasi relaksasi. Beberapa orang bahkan menganggapnya sebagai alternatif dari botox karena kemampuannya untuk menghapus lipatan otot yang menetap. Teknik facial ini sebetulnya semacam latihan untuk wajahmu. Dengan penggunaan rutin maka Gua Sha dapat mengencangkan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

Facial Gua Sha paling baik dilakukan pada kulit yang telah dibersihkan dan telah diaplikasikan facial oil, serum, atau pelembap untuk menangkal gesekan berlebih dan mencegah iritasi. Untuk melakukan facial Gua Sha sendiri di rumah, tentunya kamu memerlukan alat Gua Sha yang berbentuk seperti kepingan batu yang pipih. Alat ini biasanya terbuat dari batu giok atau quartz, material yang dipercaya oleh para praktisi pengobatan holistik karena dianggap memiliki energi penyembuhan. Lalu, kamu bisa menyapukan alat Gua Sha dengan lembut dengan gerakan keluar di sekeliling wajahmu.

Britta menyarankan agar kamu melakukan teknik Gua Sha di rumah 2-3 kali per minggu, tetapi kamu juga dapat mencari bantuan profesional jika menginginkan hasil yang lebih. Facial Gua Sha tidak disarankan untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, rosacea, serta kulit yang terbakar sinar matahari. Facial ini juga tidak disarankan untuk kamu yang melakukan filler atau botox. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Berbagai Jenis Bebatuan Kristal yang Kerap Digunakan Pada Gem Facial Roller

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓