DIY Sea Salt Spray untuk Rambut Ikal Bergelombang yang Indah

Karla Farhana21 Mei 2019, 17:30 WIB
Beach Waves Hair

ringkasan

  • Seperti jenis rambut lainnya, rambut bergelombang dan ikal juga memerlukan perawatan.
  • Salah satunya dengan menggunakan sea salt spray.
  • Sea salt spray bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut ikal dan bergelombang memang tidak lebih simple dari perawatan rambut keriting. Pasalnya, rambut berjenis 2a-c mudah sekali untuk weigh down dan menjadi lurus. 

Bisa karena produk styling terlalu berat, atau juga karena udara yang cukup terik di musim panas. Biasanya, selain weigh down, masalah yang sering dialami rambut ikal adalah rambut kusut alias frizzy. 

Rambut ikal yang kusut juga bisa karena very high humidity. Salah satu cara untuk mencegah dan membuat rambutmu menjadi tertata dengan rapi adalah menggunakan sea salt spray. Dilansir dari Essence Magazine, salt spray ini merupakan bahan alami yang sangat cocok untuk mengatasi rambut kering dan sulit diatur pada rambut bergelombang atau kerap disebut dengan beach wave. 

Meski ada banyak produk sea salt spray yang bisa kamu temukan di berbagai e-commerce, sebenarnya kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. 

DIY Salt Spray

[Fimela] Sea Salt Spray
Ilustrasi rambut bergelombang | unsplash.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan: 

1 sdm sea salt

1 sdm minyak kelapa murni

1 sdm leave-in conditioner yang biasa kamu pakai

Cara membuat: 

Siapkan botol spray yang ada di rumahmu. Tuangkan air hangat secukupnya untuk melarutkan sea salt ke dalam botol. Kocok botol hingga sea salt menyatu dengan air hangat tersebut. 

Kemudian, campurkan minyak kelapa murni dengan leave-in conditioner ke dalam wadah terpisah. Aduk dengan sendok atau sumpit hingga merata tanpa ada gumpalan. 

Masukkan ke dalam spray bottle, kocok lagi hingga semua bahan menyatu. Sea salt spray kini sudah siap kamu pakai. Bingung cara menggunakannya? Kamu tinggal semprotkan saja ke rambut lembab seusai keramas. Lalu, keringkan dengan hair dryer. Selamat mencoba! 

Simak Video Berikut

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓