Konsumsi Makanan Tertentu Bisa Bantu Kulit Jadi Lebih Glowing, Lho!

Beauty Journal18 Mei 2019, 13:15 WIB
Makan buah

Fimela.com, Jakarta Tak hanya bebas jerawat, tampilan kulit wajah yang glowing juga menjadi dambaan bagi banyak perempuan. Untuk mendapatkannya, ada banyak cara yang bisa dilakukan, kok! Mulai dari rajin merawat kulit dengan menggunakan produk skin care, olahraga, memiliki waktu tidur yang cukup, hingga mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Menurut para dermatolog, ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu jenis kulit tertentu dalam mencapai tampilan glowing yang sehat. Scroll down untuk tahu pendapat mereka!

1. Kulit kering

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, perempuan dewasa di Amerika yang rutin mengonsumsi makanan mengandung vitamin C seperti jeruk cenderung memiliki kerutan yang lebih sedikit. Tak hanya itu, menurut dr. Leslie Baumann, dermatolog yang mendirikan Baumann Cosmetic and Research Institute, kacang almond yang mengandung banyak vitamin E juga dapat menutrisi kulit kering dengan mengantarkan anti-oksidan ke permukaan kulit. Selain dua makanan tersebut, buah alpukat dan delima juga mengandung vitamin yang sama besarnya, sehingga dapat menjadi opsi bagi para pemilik kulit kering.

Untuk kulit sensitif dan menua

Salmon
Ilustrasi salmon/copyright shutterstock

2. Kulit sensitif

Joshua Zeichner, M.D selaku Direktur Lembaga Riset Klinis dan Kosmetik di Rumah Sakit Mount Sinai New York mengungkapkan bahwa para pemilik kulit sensitif dapat merawat kulitnya dengan mengonsumsi salmon. Jenis ikan ini sangat kaya kandungan anti-oksidan yang diketahui efektif dalam menangani inflamasi, khususnya di kulit sensitif. Selain itu, ikan salmon juga kaya akan asam lemak yang tidak diproduksi oleh tubuh. Padahal, asam lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh lho, mulai dari memperkuat pelindung alami kulit, menjaga kelembapan, serta menghindari kulit dari iritasi.

3. Kulit yang menua

Kenari merupakan salah satu jenis kacang yang dapat mendorong produksi kolagen pada kulit berkat kandungan asam omega-nya. Jika mulai khawatirkan elastisitas sekaligus keremajaan kulit memudar, maka kamu bisa mulai melakukan pencegahan dengan cara rutin mengongsumsi kacang kenari. Selain itu, dermatolog dr. Kaleroy Papantoniou juga menyatakan bahwa Greek yogurt dapat mengurangi kerutan serta garis-garis halus di wajah karena kaya kandungan vitamin B-nya yang diketahui baik untuk detoksifikasi kulit.

Rekomendasi untuk kulit berminyak dan berjerawat

Ikan
Ilustrasi ikan/copyright shutterstock

4. Kulit berjerawat

Bermasalah dengan jerawat? Mungkin kamu perlu mencoba untuk rutin mengonsumsi sarden dan blueberry. Menurut dr. Ted Lain yang dikutip dari Elite Daily, buah blueberry yang bersifat anti-inflamasi juga dapat membantu penyembuhan jerawat pada kulit. Tak hanya itu, dermatolog sekaligus penulis Asian Beauty Secrets Marie Jhin, M.D juga mengungkapkan bahwa ikan sarden memiliki asam lemak omega 3 yang tidak hanya baik untuk kulit, tapi juga bermanfaat sebagai pengatur mood yang digadang-gadang dapat menjadi pemicu terjadinya jerawat stres.

5. Kulit berminyak

Menjaga keseimbangan kadar minyak di kulit memang bukan perkara mudah, terlebih jika kamu memang memiliki jenis kulit berminyak. Selain menggunakan produk skin care, kamu juga bisa mengonsumsi wortel untuk menjaga keseimbangan kadar sebum di kulit, lho! Baik vitamin A maupun vitamin C yang dimiliki, keduanya sama-sama baik untuk menutrisi sekaligus mengurangi kelebihan minyak di wajah.

Baca juga: Ragam Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Kulit dan Rambut yang Perlu Diketahui

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓