5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menggunakan Keratin untuk Perawatan Rambut

Beauty Journal20 Mei 2019, 10:45 WIB
Rambut

ringkasan

  • Keratin termasuk komponen utama pembentuk kulit, kuku dan rambut
  • Tak semua perawatan keratin memiliki fungsi yang sama
  • Keratin tak bisa digunakan sembarangan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Selalu bermasalah dengan rambut rontok, kering atau kasar? Sahabat Fimela mungkin tak perlu cemas sebab zaman sekarang banyak perawatan salon yang dapat mengatasi berbagai masalah tersebut. Tak hanya itu, berbagai suplemen dan produk perawatan rambut di drug store juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dan tentunya mudah ditemukan. Salah satu kandungan dalam produk perawatan rambut yang biasa kamu temui adalah keratin. Namun, apa sebenarnya keunggulan dari penggunaan keratin bagi rambut? Nah, sebelum menggunakannya, berikut ini lima hal yang perlu kamu ketahui tentang keratin.

Keratin termasuk komponen utama pembentuk kulit, kuku dan rambut

Keratin termasuk dalam 90% komponen protein yang membentuk rambut. Selain itu, keratin juga ditemukan dalam jenis protein yang membentuk kulit, kuku serta terdapat dalam kelenjar internal tubuh. Keratin bekerja dengan cara meresap ke folikel rambut dan menyatu dengan asam amino. Asam amino ini akan menciptakan jalur yang memberi ketahanan dan kekuatan yang dibutuhkan oleh rambut. Oleh sebab itu, keratin yang ditemukan dalam beberapa suplemen atau produk perawatan rambut dipercaya dapat membantu memperkuat dan membuat rambut lebih sehat.

Perawatan rambut dengan keratin

Termasuk dalam komponen protein, keratin terdapat dalam semua jenis rambut. Bayangkan saja, jika diumpamakan dengan tangga, biasanya jenis rambut lurus mengandung keratin yang bertekstur seperti tangga lurus. Begitu juga dengan rambut keriting yang memiliki bentuk spiral dalam susunannya.Perawatan menggunakan keratin dapat digunakan untuk meluruskan rambut dengan mengubah ikatan dalam tekstur rambut keriting dan mengubahnya secara permanen menjadi rambut lurus. Tak hanya itu, keratin juga memberi manfaat lain seperti membuat rambut berkilau, bebas kusut, halus, kuat hingga memperbaiki rambut yang rusak.

2 of 3

Tak semua perawatan keratin memiliki fungsi yang sama

Rambut Keriting
Ilustrasi rambut keriting/copyright shutterstock

Kalau biasanya perawatan salon menggunakan keratin untuk meluruskan rambut, berbeda lagi dengan serum, sampo atau kondisioner mengandung keratin yang dijual bebas. Dikutip dari healthline.com, serum, sampo atau kondisioner ini membuat klaim berbeda dengan salon seperti menghindari rambut dari kerusakan atau memperbaiki rambut yang kering. Untuk mengidentifikasinya, kamu dapat mencari produk dengan klaim ‘keratin hydro lysates’ untuk mendapatkan rambut yang kuat.

Keratin tak bisa digunakan sembarangan

Perawatan salon dengan menggunakan keratin mengandung formaldehyde dalam jumlah besar. Walaupun terkadang mereka mengklaim tanpa formaldehyde, kamu perlu mewaspadainya karena beberapa efek samping. Seperti yang dilansir Health Line, beberapa karyawan salon pun mengalami efek buruk seperti mimisan dan masalah pernapasan akibat menghirup asap dari produk perawatan keratin ini. Hal tersebut juga berpengaruh bagi perempuan hamil sehingga disarankan untuk menghindari perawatan ini.

Baca juga: Ini 4 Langkah Perawatan Rambut ala Salon yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

3 of 3

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless wth FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓