6 Hal yang Pantang Dilakukan Pemilik Kulit Berminyak

fitriandiani22 Mei 2019, 19:30 WIB
Merawat Kulit

ringkasan

  • Kulit berminyak rentan komedo dan jerawat
  • Butuh perawatan yang tepat untuk mengatasi kulit berminyak, salah satunya dengan memilih produk skincare dan kosmetik yang cocok
  • Meski kulit sudah berminyak, jangan pernah skip pakai moisturizer
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kulit berminyak jadi salah satu concern banyak orang. Meski disebut bisa membuat kulit awet muda, namun jenis kulit ini cenderung rentan terhadap komedo dan jerawat.

Penyebab timbulnya minyak berlebih pada kulit bisa beragam, mulai dari genetik, gaya hidup, sampai lingkungan.

Kecenderungan kulit berminyak bisa dikurangi dengan skincare, tapi apalah artinya perawatan kalau kita masih melakukan kebiasaan-kebiasaan yang memicunya?

Melansir dari Boldsky, inilah 5 hal yang pantang dilakukan oleh pemilik kulit berminyak. Simak, ya, Sahabat Fimela!

 

2 of 5

1. Menggunakan Kosmetik dari Oil Based

Produk kecantikan
Ilustrasi gerai produk kosmetik (iStockphoto)

Berhati-hatilah dengan jenis kosmetik yang digunakan. Kosmetik dengan bahan dasar minyak bisa membuat kulit sangat berkilau dan tampak lengket. Lebih baik gunakan yang powder based.

2. Memakai Pelembap yang Salah

Pelembap adalah salah satu produk yang amat esensial dalam perawatan kulit karena ia menjaganya tetap bersih dan terhidrasi. Pilih pelembap yang dirancang khusus untuk kulit berminyak, biasanya pelembap ini water-based dan bersifat non-komedogenik.

3 of 5

3. Menggunakan Pembersih yang 'Keras'

Wajah
Penerapan Triple Cleansing untuk Semua Jenis Kulit/copyright shutterstock

Banyak pembersih yang menyebabkan kekeringan berlebih dan dianggap keras karena mengandung pewarna dan parfum yang mempengaruhi kesehatan kulit. Akibatnya, kulit semakin berminyak. Plih yang ringan dan lembut saja.

4. Melewatkan Eksfoliasi

Eksfoliasi penting untuk menghilangkan minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran yang mengendap di lapisan dalam kulit. Pemilik kulit berminyak tak boleh melewatkannya kalau tak mau pori-pori terseumbat dan mengakibatkan breakout.

4 of 5

5. Menggunakan Toner yang Keras

Perbedaan Toner, Essence, dan Serum
Toner / Sumber: iStockphoto

Penting menggunakan toner agar pH kulit terjaga. Toner bisa menghilangkan kelebihan minyak pada permukaan kulit, tapi, pilihlah toner yang ringan karena toner yang terlalu 'keras' bisa menyebabkan iritasi.

6. Melewatkan Pelembap

Meski kulit berminyak bukan berarti tak butuh pelembap. Justru, kulit harus tetap dihidrasi agar tetap lembap. Kulit yang tidak terhidrasi akan memicu produksi sebum yang mengakibatkan produksi minyak semakin banyak!

5 of 5

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓