Terapkan Cara Keramas yang Tepat Agar Rambut Bebas dari Kerusakan

fitriandiani26 Mei 2019, 15:00 WIB
Sering keramas

Fimela.com, Jakarta Keramas adalah bagian dari keseharian yang mungkin dianggap sepele. Memang, semua orang bisa melakukannya, tapi apa semua orang melakukannya dengan tepat?

Keramas tidak cuma soal membasahi dan mencuci rambut dengan sampo, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan juga harus dihindari agar rambut tidak rusak; namun memberi efek yang maksimal. Penampilan rambut bisa tergantung dengan cara keramas, lho. Ikuti instruksi cara keramas yang tepat berikut ini;

1. Sisir

Sebelum kamu masuk ke kamar mandi, sisir dulu rambut dari akar sampai ujungnya. Hal ini membuat sampo yang kamu gunakan nanti akan terdistribusikan dengan baik ke seluruh rambut.

2. Sampo

Sesuaikan banyaknya sampo dengan panjang dan tebalnya rambutmu. Pijat halus kepala selama beberapa menit, jika dirasa rambut masih kotor kamu bisa keramas dua kali dengan jumlah sampo lebih sedikit.

3. Kondisioner

Ilustrasi mandi/ keramas
Ilustrasi mandi/ keramas (Foto: Unsplash.com)

Jangan skip bagian ini! Kondisioner melembapkan rambut, memperhalus, dan membuat kondisi rambut lebih baik. Aplikasikan kondisioner dari tengah sampai ke ujung rambut.

4. Bilas dengan air dingin

Saat membasuh pertama kali, gunakan air yang agak hangat untuk membuka pori-pori dan mencuci kotoran. Nah, saat bilas, gunakan yang lebih dingin untuk menutupnya kembali.

5. Keringkan dengan lembut

Rambut
Ilustrasi Perawatan Rambut/copyright shutterstock

Jangan gesek rambut di handuk untuk mengeringkan. Cukup tekan pelan-pelan agar airnya menyerap di handuk.

6. Sisir dengan tangan

Setelah setengah kering, sisir rambutmu menggunakan jari selembut mungkin. Jangan gunakan sisir ketika rambut basah karena bisa menyebabkan rambut rontok.

Setelah selesai, biarkan rambutmu kering alami tanpa hair dryer. Menggunakan hair dryer pada rambut yang basah akan menyebabkan kerusakan.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓