Fakta Seputar Serum yang Perlu Sahabat Fimela Ketahui

Beauty Journal21 Mei 2019, 10:45 WIB
Serum

ringkasan

  • Menggunakan vitamin C untuk skincare akan menambah dosis antioksidan
  • Gunakan serum saat mengaplikasikan pelembap
  • Pilih serum vitamin c dengan warna kekuningan sangat terang
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Dewasa ini, sepertinya serum wajah menjadi salah satu skin care rutin yang wajib digunakan oleh banyak perempuan dan mungkin termasuk kamu. Memang, jika dibandingkan dengan skin care lain, serum wajah cenderung lebih mahal dan ukurannya pun terbilang kecil. Meskipun begitu, skin care yang mengandung banyak vitamin C ini memiliki berbagai manfaat untuk kulit, seperti menghilangkan bekas jerawat, menyamarkan garis halus dan kerutan, serta mampu mencerahkan kulit. Mungkin, sebagian dari kamu, masih bertanya-tanya, nih seputar penggunaan serum vitamin C, kapan waktu yang tepat menggunakannya? Atau, warna serum vitamin C seperti apa yang masih terbilang bagus dan layak digunakan? Tidak perlu bingung, karena dalam artikel ini, kamu dapat menemukan jawaban dari pakarnya.

Apa yang dilakukan serum vitamin C pada kulit?

Serum vitamin C bersifat asam, yang berarti mampu menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga kulit lebih cerah dan halus. Menurut Susie Wang, salah satu pendiri 100% PURE, proses ini dapat mempercepat generasi sel-sel baru. "Vitamin C sangat asam dan pahit. Jadi, ketika diaplikasikan, kulit dipicu untuk menyembuhkan dirinya sendiri dengan mempercepat produksi kolagen dan elastin." Kolagen adalah serat protein yang membuat kulit menjadi berisi dan mencegah kendur, sedangkan elastin merupakan serat protein yang membantu kulit terasa lebih kenyal.

2 of 4

Bisakah mengonsumsi jeruk sebagai pengganti serum dan mendapatkan manfaat yang sama?

Ilustrasi serum/copyright shutterstock
Ilustrasi serum/copyright shutterstock

Mungkin, sebagian darimu pernah terpikir, apakah mengonsumsi jeruk dapat menggantikan penggunaan serum dan mendapatkan hasil yang sama? Menurut Sarah Lee, co-founder Glow Recipe, "Meskipun mengonsumsi vitamin C adalah cara yang bagus untuk mendapatkan dosis harian, namun menggunakan vitamin C melalui perawatan skin care, memungkinkan kamu untuk mendapatkan antioksidan yang lebih tinggi, sehingga mampu mencerahkan kulit, memperbaiki hiperpigmentasi, sebagai anti-aging, serta melindungi kulit dari sinar UV. Vitamin C dalam serum menjadikannya bahan yang sangat penting, tetapi dibutuhkan waktu dan pemakaian yang konsisten demi mendapatkan hasil terbaik."

Kapan waktu yang tepat menggunakan serum vitamin C?

Meskipun ahli kulit merekomendasikan serum vitamin C yang berbeda, namun mereka menyetujui beberapa hal, seperti kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya dalam skin care rutin kamu. "Gunakan vitamin C sebelum menggunakan pelembap untuk hasil terbaik," jelas Annie Tevelin, pakar kencantikan dan pendiri SkinOwl. "Biarkan serum kering selama satu menit sebelum menggunakan pelembap dengan SPF."

"Tidak ada aturan nyata dari para ahli perawatan kulit mengenai apakah lebih baik memakai seum di pagi atau malam hari. kamu bisa beranggapan menggunakan serum vitamin C di siang hari sebagai lapisan lain untuk melindungi kulit dari sinar UV, lalu pada malam hari sebagai cara untuk memperbaiki kerusakan oksidatif sejak siang hari," jelas Tsippora Shainhouse dari Rapaport Dermatology.

3 of 4

Seberapa sering harus menggunakan serum Vitamin C?

Serum
Ilustrasi serum/copyright shutterstock

Sebagian besar ahli perawatan kulit merekomendasikan untuk menambah serum vitamin C ke dalam skin care rutin sebelum memulai hari. Seorang dermatologis, Melanie Palm menyarankan, "Saya merekomendasikan setiap hari pada pagi hari. Biasanya tiga hingga lima tetes untuk seluruh wajah."

Bagaimana tampilan warna serum vitamin C yang masih bagus?

Sama halnya seperti buah apel yang akan berwarna cokelat bila terpapar udara, pun serum vitamin C seiring berjalannya waktu. "Saat membeli serum vitamin C, warnanya harus kekuningan sangat terang, bahkan hampir jernih. Seiring waktu, warnanya akan mulai gelap, menyesuaikan dari kuning menjadi oranye ke coklat, hingga akhirnya menjadi hitam," jelas ahli estetika, Melissa Lekus dari Melissa Lekus Skincare Consulting. Wang menambahkan, "Jika serum telah berubah kecokelatan, sebaiknya hentikan pemakaian."

Baca Juga: Menggunakan Beberapa Jenis Serum Sekaligus? Ini Cara Melakukan Layering Serum dengan Benar!

4 of 4

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓