3 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Mencoba Prinsip Clean Beauty

Beauty Journal21 Mei 2019, 19:45 WIB
Skincare

Fimela.com, Jakarta Kesadaran akan pentingnya peran kandungan dalam produk kecantikan membuat banyak beauty enthusiast bersikap lebih serius dalam memerhatikan komposisi produk yang mereka gunakan. Salah satunya dengan mengusung tren clean beauty sebagai patokan dalam merawat kulit wajah.

Glass skin, honey skin, glowing skin, dan sederet tren kecantikan lainnya telah menjadi tren di industri kecantikan dalam beberapa waktu belakangan. Seiring terus bergulirnya perubahan tren, sepertinya tren tampilan wajah akan terus muncul. Belum usai tren Buttery Skin yang banyak ditiru beauty enthusiast, kali ini ada lagi tren bernama Clean Beauty.

Dinamai clean beauty, tren kecantikan ini mengusung tema yang hampir serupa dengan pendahulunya, yakni produk organik atau natural. Sebagai sebuah fenomena di dunia kecantikan dengan beberapa tren yang hampir mirip, memang sukar untuk membedakan mana yang disebut sebagai clean, natural, dan organik. Jika kamu tertarik untuk mengetahuinya lebih dalam sekaligus mengaplikasikannya, simak artikel ini, ya!

Membedakan lewat kandungan produk

Hal pertama yang dapat kamu lakukan saat ingin menjalankan clean beauty di keseharian adalah memeriksa kandungan yang terdapat pada sebuah produk dengan teliti. Penting untuk bisa membedakan mana zat yang sebenarnya aman untuk digunakan dalam dosis tertentu pada kulit karena clean beauty bukan berarti memakai produk yang seluruhnya natural. Produk yang jatuh pada kategori clean beautymemang tidak menggunakan zat seperti wewangian, paraben, phthalates, SLS, SLES, formaldehyde, dan minyak mineral. Namun jika produk tersebut mengandung alternatifnya yakni silikon, maka hal tersebut masih masuk ke dalam tahap wajar. Salah satu jenis silikon yang aman dan biasanya digunakan di sebuah produk yakni dimethicone yang merupakan salah satu jenis pelindung kulit.

Hal yang Perlu Dipahami Lainnya

Skincare
Ilustrasi/copyright shutterstock

Tak lagi terbatas distribusinya

Jika satu dekade lalu akan sulit untuk menemukan produk yang dapat digunakan untuk menjalankan clean beauty, maka di era global seperti saat ini, persebaran produk jauh lebih masif. kamu tak perlu pergi ke toko-toko khusus untuk membeli produk berlabel clean beauty. Hal ini karena perusahaan-perusahaan yang memproduksi skin care dan kosmetik telah menyadari perpindahan tren. Kini banyak perusahaan yang memperbaharui formula produk mereka agar dapat dikategorikan sebagai clean products. Merek-merek ternama seperti Burt’s Bees, Josie Maran, dan Ilia menjadi pelopor sekaligus garda terdepan dalam dominasi clean beauty ini.

Lakukan secara perlahan dan nikmati prosesnya

Sebelum memulai melakukan clean beauty, hal utama yang harus dipahami adalah tak perlu terburu-buru untuk sepenuhnya menggunakan produk clean. kamu juga tak harus langsung mengganti seluruh produk yang sedang digunakan terutama jika isi produk tersebut masih banyak.

Mulailah perlahan dengan membeli clean product untuk mengganti stok skin care atau makeup kamu yang sudah habis. Menjalani proses untuk sepenuhnya mengamalkan clean beauty sepatutnya menjadi sebuah pengalaman yang tidak sekadar mengganti produk namun juga sesuatu yang dilakukan dengan penuh kesadaran, bahwa Sahabat Fimela telah berpartisipasi di dalam sesuatu yang lebih besar dari diri sendiri yakni mencintai diri sendiri dan lingkungan dengan hanya menggunakan sesuatu yang aman.

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Skin Care Organik yang Perlu Diketahui

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓