Tips Mengaplikasikan Foundation untuk Mature Skin

Beauty Journal22 Mei 2019, 19:45 WIB
Foundation

ringkasan

  • Mempersiapkan kulit dengan skin care
  • Gunakan foundation yang menghidrasi
  • Hindari penggunaan foundation yang berlebihan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan dini pada wajah mungkin menjadi salah satu alasan untuk enggan berdandan karena takut hasilnya tidak akan maksimal atau bahkan kerutan serta garis halus justru menjadi semakin terlihat. Salah satu produk kecantikan yang cukup tricky saat dipakai untuk mature skin adalah foundation. Tak hanya perlu memilih produk dengan tekstur, formula dan shade yang sesuai, kamu juga perlu mengaplikasikannya dengan tepat agar riasan menjadi lebih flawless dan kondisi kulit yang kurang sempurna bisa tersamarkan. Berikut beberapa tips mengaplikasikan foundation yang tepat untuk mature skin yang bisa kamu praktikkan!

Mempersiapkan kulit dengan skin care

Sebelum mengaplikasikan foundation pada mature skin, perlu mempersiapkan kulit layaknya kanvas supaya produknya bisa memberikan hasil riasan yang maksimal. Pastikan wajah sudah dalam keadaan bersih untuk mencegah adanya kotoran dan sel kulit mati yang tertumpuk di bawah foundation. Setelah memastikan kulit sudah bersih, pastikan juga kulit sudah dalam keadaan lembap menggunakan serum atau moisturizer supaya kulit tidak terlalu kering atau sebaliknya terlalu berminyak sehingga foundation bisa tampak flawless dan lebih tahan lama.

Menggunakan primer dengan formula yang tepat

Foundation
Ilustrasi/copyright shutterstock

Setelah mempersiapkan wajah dengan penggunaan skin care, kamu perlu mengaplikasikan primer dengan formula yang tepat karena akan membantu menyamarkan kerutan, garis halus serta pori-pori yang besar pada wajah. Supaya tidak membuat kulit tidak terlalu kering, cukup aplikasikan primer di area wajah yang membutuhkan dan terdapat kerutan atau garis-garis halus. Dalam memilih formula yang tepat, sebaiknya gunakan primer dengan tekstur yang ringan dan tidak memberikan efek mattifying supaya tidak membuat kulit menjadi terlalu kering.

Baca Juga: Menginginkan Makeup Flawless? Berikut Tips Mengaplikasikan Foundation yang Tepat Sesuai dengan Kondisi Kulit

Gunakan foundation yang menghidrasi

Mature skin cenderung lebih mudah kering dan tampak patchy jika tidak menggunakan foundation dengan formula yang tepat. Karenanya, mature skin membutuhkan hydrating foundation yang diformulasikan dengan kandungan yang tetap bisa menjaga kelembapan kulit.

Foundation dengan hasil akhir yang matte kurang cocok digunakan untuk mature skin karena akan membuat kulit semakin kering dan alhasil kerutan serta garis halus menjadi semakin terlihat. Untuk mature skin sebaiknya pilih foundation yang menghasilkan tampilan dewy, jika dirasa kurang mampu melembapkan kamu bisa mencampurkan serum ke dalam foundation untuk hasil riasan yang lebih glowing dan kulit yang tampak sehat. Bila kamu memilih foundation dengan kandungan anti aging, hal tersebut bisa menjadi sebuah poin plus, lho.

Gunakan spons sebagai aplikator

Foundation
Ilustrasi foundation/copyright shutterstock

Baik atau tidaknya hasil dari pengaplikasian foundation, aplikator yang digunakan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan. Untuk mengaplikasikan foundation sebenarnya ada tiga cara, yakni menggunakan jari, spons atau kuas makeup. Namun, untuk mature skin hasilnya akan lebih maksimal bila kamu memilih spons menjadi aplikator. Foundation akan lebih mudah diratakan dan hasilnya juga akan lebih tampak natural. Pertama-tama aplikasikan dan ratakan foundation di area wajah seperti pipi, dahi dan juga leher, setelahnya kamu bisa mengaplikasikan ke area yang lebih detail seperti area bawah mata, sekitar hidung dan sekitar bibir. Selain itu sebaiknya gunakan spons yang telah dibasahi untuk mencegah foundationnya terlalu banyak terserap pada spons, ya.

Hindari penggunaan foundation yang berlebihan

Ketidaksempurnaan pada kulit memang dapat disamarkan dengan penggunaan produk complexion yang tepat. Namun bukan berarti semakin banyak produk yang digunakan akan semakin berhasil menutupi kerutan maupun garis halus pada mature skin, ya. Alih-alih mendapatkan hasil riasan yang flawless, terlalu banyak mengaplikasikan foundation akan membuat kerutan serta garis halus akan semakin terlihat. Untuk itu, sebaiknya pilih foundation yang menawarkan klaim buildable sehingga kamu bisa mengatur banyaknya produk yang digunakan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Tips Tampil dengan Makeup Mata Sempurna untuk Mature Skin

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓