Manfaat Bunga Saffron bagi Kulit hingga Rambut yang Wajib Diketahui

Beauty Journal24 Mei 2019, 10:45 WIB
Bunga Saffron

ringkasan

  • Dapat mengatasi kanker
  • Mengatasi jerawat dan noda wajah
  • Mencegah rambut rontok
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Beberapa minggu belakangan, nama bunga Saffron mulai banyak diperbincangkan di media sosial. Pasalnya, bunga yang berasal dari Arab ini diketahui memiliki manfaat yang baik bagi kecantikan kulit. Tak hanya kecantikan, bunga saffron juga dianggap dapat menyembuhkan beberapa penyakit hingga kanker sekalipun. Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang bunga satu ini, yuk simak artikel berikut.

Mengenal Bunga Saffron

Saffron berasal dari bunga Crocus Sativus yang dalam bahasa Arab disebut Zafaran. Awalnya, bunga ini dikenal sebagai bahan dapur dan pewarna makanan. Namun, lama kelamaan, saffron juga digunakan sebagai bahan pengobatan untuk sakit pilek, batuk, masalah perut, pendarahan hingga masalah jantung. Terlepas dari berbagai macam manfaat, Saffron memang mengandung banyak kalori, karbohidrat, protein, lemak dan non-korestrol. Kandungan serat makanan di dalamnya juga bermacam-macam seperti kalsium, tembaga, magnesium dan zinc.

Manfaat Bunga Saffron

Bunga Saffron
Ilustrasi Bunga Saffron/copyright shutterstock

Mengatasi Kanker

Dikutip dari Style Craze, sebuah penelitian menunjukkan peningkatan kondisi tubuh penderita kanker ketika diobati menggunakan ekstrak saffron. Senyawa cocrin dalam saffron dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kolorektar. Senyawa ini pula bekerja efektif untuk mengatasi kanker hati, prostat bahkan mencegah kanker payudara dan leukimia. Meskipun harus ada penelitian selanjutnya untuk membuktikan keterkaitan senyawa ini dengan penyembuhan kanker, saffron dikenal sebagai antikanker yang menjanjikan.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Sejumlah penelitian menunjukkan saffron efektif dalam mengobati gangguan memori otak. Pemberian 300mg saffron tiap hari menimbulkan adanya peningkatan kondisi pasien penyakit Alzeimer. Ekstrak crocin dan ethanolic dianggap bekerja dengan baik dalam tubuh dan memberi antidepresan yang mampu meningkatkan mood sehingga cocok untuk mengobati depresi.

Mencerahkan kulit

Untuk mendapatkan kulit halus dan cerah, kamu dapat mencampurkan 1 sendok teh bubuk kayu cendana, 2 hingga 3 helai saffron dan 2 sendok susu. Oleskan campuran tersebut setelah membersihkan wajah. Pijat menyeluruh dengan gerakan memutar pada kulit wajah dan biarkan hingga mengering (sekitar 20 menit).

Mengatasi jerawat dan noda wajah

Saffron dikenal memiliki kandungan antijamur yang membuatnya efektif sebagai pengobatan jerawat, noda dan komedo. kamu dapat mencampurkan 5-6 daun basil dengan 10-12 helai saffron. Oleskan pada wajah dan tunggu 10-15 menit, daun basil dikenal dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan saffron dapat mengatasi noda.

Mencegah rambut rontok

Kandungan antioksidan dalam saffron dikenal dapat mencegah rambut rontok dengan memperbaiki folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. kamu hanya perlu merendam beberapa helai saffron ke dalam susu. Jika perlu tambahkan akar manis yang juga dikenal untuk mencegah kerontokan rambut. Aduk sampai berbentuk masker cair dan oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Baca juga: Selain Mawar, Ini 5 Jenis Bunga yang Banyak Ditemukan dalam Kandungan Produk Skin Care

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓