Perbedaan Setting Powder dan Finishing Powder yang Perlu Diketahui

Beauty Journal26 Mei 2019, 12:15 WIB
Makeup

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia makeup, terdapat begitu banyak istilah dan nama produk. Tak jarang, hal tersebut kerap membuat para pemula kesulitan dalam mengenali fungsinya. Sebut saja, illuminating powder, tinted moizturizer, setting powder, hingga finishing powder. Nah, untuk setting powder dan finishing powder, sudahkah kamu mengetahui perbedaan antara keduanya?

Setting Powder

Sesuai namanya, setting powder adalah bedak yang digunakan setelah aplikasi foundation guna menguncinya (set) agar tetap di tempat, tidak bergeser, dan lebih tahan lama. Selain itu, setting powder juga bekerja untuk menyerap kelebihan minyak dan mengurangi kilap pada hasil makeup agar hasil riasan tampak lebih matte. Selain itu, setting powder juga kerap digunakan untuk touch up makeup setelah beberapa jam.

Terdapat dua jenis setting powder, yaitu loose (tabur) dan compressed/compact (padat). Pilihan warnanya pun sama-sama ada dua, yaitu translucent (tanpa warna) atau berwarna. Kebanyakan pemilik kulit berminyak lebih memilih loose setting powder untuk mempraktikkan teknik baking guna menjaga riasan lebih tahan lama. Namun, ada pula yang lebih memilih setting powder dalam bentuk padat untuk mendapatkan daya tutup tambahan dan mudah dibawa untuk touch up. Pada dasarnya, pemilihan jenis setting powder ini tidak mempengaruhi hasilnya, melainkan hanya soal selera dan preferensi tiap orang. Apabila setting powder digunakan terlalu banyak atau tidak dibaurkan dengan baik, riasan juga dapat terlihat cakey, lho!

Baca juga: Tips Mengaplikasikan Bedak yang Bisa Dipraktikkan agar Tidak Terlihat Flat ataupun Cakey

Finishing Powder

Finishing Powder
Finishing Powder/copyright sociolla

Nah, jika fungsi utama setting powder adalah untuk mengunci makeup, fungsi utama dari finishing powder adalah untuk memberikan hasil akhir riasan yang lebih smooth dan flawless dengan menyamarkan tampilan pori-pori dan garis halus. Berbeda dengan setting powder yang digunakan sehari-hari, finishing powder biasanya digunakan untuk acara-acara khusus, terutama acara di mana kamu akan banyak difoto. Itulah kenapa produk ini hampir selalu digunakan oleh makeup artist saat mendandani selebriti. Untuk hasil terbaik, setting powder biasanya diaplikasikan dengan teknik buffing.

Sesuai namanya, finishing powder digunakan di sesi akhir dandan sebagai penutup. Meski demikian , produk complexion ini juga bisa kok diaplikasikan setelah setting powder. Walau tersedia dalam bentuk tabur dan padat, kebanyakan finishing powder hadir dalam bentuk loose (bubuk) dan tanpa warna. Selain itu, finishing powder juga kerap memiliki tekstur yang lebih halus ketimbang setting powder. Apabila finishing powder digunakan terlalu banyak atau tidak dibaurkan dengan baik, riasan kamu mungkin akan tampak patchy atau terlihat flashback saat difoto menggunakan flash.

Nah, itu dia perbedaan antara finishing powder dan setting powder. Dengan mengetahui definisi dan fungsinya, semoga jadi makin mempermudah proses dandanmu, ya!

Baca juga: Wajah Terlihat Sangat Putih di Foto? Ayo Hindari dengan Mengetahui Penyebab dan Cara Mencegah Makeup Flashback

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓