5 Faktor yang Menyebabkan Wajahmu Cepat Mengalami Penuaan Dini

Beauty Journal27 Mei 2019, 10:15 WIB
Perawatan Wajah

ringkasan

  • Malas membersihkan wajah
  • Tidak menggunakan pelembap
  • Terlalu banyak terpapar sinar matahari
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit yang sehat, terawat, dan awet muda tentu menjadi idaman bagi banyak perempuan. Tanda penuaan pun kerap menjadi salah satu permasalahan kulit yang paling ditakuti. Namun, tanpa disadari, ternyata banyak kebiasaan sehari-hari yang dapat mempengaruhi kondisi kulitmu. Walau terlihat sepele, apabila dilakukan terus-menerus, berbagai kebiasaan ini dapat menjadi penyebab wajah kamu cepat mengalami penuaan dini. Agar kulitmu senantiasa sehat dan terhindar dari penuaan dini, cari tahu dulu yuk beberapa penyebabnya!

1. Malas membersihkan wajah

Selama beraktivitas sehari-hari, kulit akan memproduksi minyak serta terpapar debu dan polusi. Nah, apabila minyak, debu, polusi, dan kotoran yang menempel pada wajah setelah seharian beraktivitas tidak dibersihkan, semuanya ini akan menumpuk dan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Hal ini tak hanya menyebabkan jerawat, namun juga membuat kulit kering, kusam, dan munculnya berbagai tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus.

2. Tidak menggunakan pelembap

Skincare/mlg
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

Tahukah kamu bahwa kulit yang kering merupakan sumber berbagai permasalahan kulit? Mulai dari jerawat, kulit kusam, kulit berminyak, hingga munculnya tkamu-tkamu penuaan dini. Saat kulit berada dalam kondisi kering, lapisan pelindung kulit tak dapat bekerja dengan sempurna. Alhasil, faktor lingkungan seperti sinar UV atau polusi pun lebih rentan menyerang kulit. Tak hanya itu saja, sama seperti kulit yang kotor, kulit kering juga akan menghambat penyerapan produk skin care pada kulit, sehingga kulit tidak mendapat khasiat maksimal walau sudah menggunakan banyak produk.

3. Terlalu banyak terpapar sinar matahari

Jangan heran jika para pakar kulit selalu menekankan betapa pentingnya penggunaan sunscreen. Pasalnya, sinar UV yang terdapat di dalam paparan sinar matahari dapat berdampak buruk pada kulit, terutama mempercepat munculnya tkamu-tkamu penuaan, hingga ada istilah yang disebut dengan photoaging. Walau kamu sehari-hari berkegiatan dalam ruangan, efek paparan sinar matahari tetap dapat menembus jendela, lho. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas, ya!

4. Kurang mengonsumsi sayur dan buah

Cara Alami Menyeimbangkan Hormon dalam Tubuh
Makan buah dan sayur organik bisa membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh. (Foto: shutterstock)

Sering mendengar ungkapan ‘you are what you eat’? Tak sekadar kata-kata, ungkapan ini benar adanya. Selain dari faktor eksternal, faktor internal alias apa yang kamu konsumsi juga mempengaruhi kondisi kulit. Terlalu sering mengonsumsi junk food dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Hal ini disebabkan oleh kadar nutrisi yang rendah pada junk food, serta penggunaan pengawet, pewarna, atau perasa yang kurang baik untuk tubuh dan kulit. Sebaliknya, mengonsumsi sayur dan buah yang kaya nutrisi akan memberikan nutrisi ke kulit. Kandungan vitamin dan anti-oksidan pada sayur dan buah juga bisa membantu memperkuat perlindungan kulit terhadap faktor lingkungan, lho!

5. Mengonsumsi terlalu banyak alkohol

Salah satu dampak yang ditimbulkan alkohol pada kulit adalah pengaruhnya pada kadar vitamin A dalam tubuh. Padahal, vitamin A memiliki peran penting sebagai anti-oksidan untuk mendorong proses regenerasi sel kulit. Tak hanya itu saja, vitamin A juga sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen yang penting dalam mempertahankan elastisitas kulit. Itulah kenapa mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat membuat kulit cepat kendur dan keriput.

Nah, dari informasi di atas semoga Sahabat Fimela semakin menjaga pola hidup sehingga terbebas dari penuaan dini. Semoga bermanfaat.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓