Tips Mengaplikasikan Makeup Saat Kamu Memiliki Psoriasis

Annissa Wulan11 Jun 2019, 08:30 WIB
Ilustrasi makeup

Fimela.com, Jakarta Psoriasis di area tubuh, seperti lutut atau siku biasanya cukup mudah untuk ditangani menggunakan pengobatan topikal. Namun, bagaimana jika psoriasis terjadi di kulit wajah?

Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang dapat menyebabkan munculnya bercak merah, bersisik, rasa gatal, kering, dan berdarah. Jika ini terjadi, maka mengaplikasikan makeup menjadi lebih sulit.

Bukan berarti tidak bisa sama sekali. Dilansir dari self.com, Minggu (2/6/2019), berikut ini adalah beberapa tips mengaplikasikan makeup saat kamu memiliki psoriasis.

1. Persiapkan permukaan kulit dengan baik

Psoriasis akan membuat tekstur kulit menjadi tidak rata. Para ahli menyarankan untuk memulai dengan produk pelembap yang baik untuk mengatasi kekeringan dan menghaluskan kulit.

Selanjutnya, sebaiknya jangan menggunakan perawatan topikal yang diresepkan karena dapat menyebabkan iritasi jika diaplikasikan sebelum makeup. Selain itu, perawatan topikal biasanya berbentuk salep yang membuat permukaan kulit menjadi berminyak dan produk menjadi sulit terserap.

Perawatan topikal sebaiknya diaplikasikan di malam hari sebelum tidur. Jika perawatan topikal untuk psoriasis digunakan pada pagi hari, tunggu hingga meresap sebelum mulai makeup.

2. Pilih formulasi produk makeup dengan hati-hati

Foundation cair adalah yang terbaik untuk kamu yang memiliki psoriasis dan aplikasikan dengan cara mengoleskan secara lembut. Jangan gunakan kuas, gantikan dengan beautyblender bagi kamu yang memiliki psoriasis di kulit wajah.

Perhatikan rasio pigmen setiap produk dan bersiap gagal

Makeup/mlg
Ilustrasi No-Makeup/copyright shutterstock

3. Perhatikan rasio pigmen pada produk

Rasio pigmen adalah jumlah pertanggungan suatu produk yang bisa kamu gunakan. Setidaknya satu atau dua lapis produk sudah harus bisa menutupi psoriasi yang ada di kulit wajahmu.

Kamu bisa mencoba mengaplikasikan foundation ringan di seluruh permukaan kulit wajah, termasuk area psoriasis, kemudian gunakan concealer berpigmen tinggi pada lesi psoriatik. Baurkan ke seluruh wajah untuk menutupi area psoriasis dengan tampilan yang lebih natural.

4. Bersiaplah untuk gagal

Tidak masalah untuk mengalami kegagalan. Sebenarnya kulit yang cenderung reaktif lebih menyukai keteraturan, sehingga ketika ada produk yang berfungsi dengan baik, sebaiknya gunakan terus.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓