9 Alasan Kulit Wajah Kusam

Annissa Wulan19 Jun 2019, 07:30 WIB
Ilustrasi kecantikan

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah yang tidak teregenerasi dengan baik akan terlihat lelah dan tidak sehat. Namun, jangan khawatir, karena dilansir dari goodhousekeeping.com, berikut ini adalah beberapa alasan kulit wajah kusam dan cara mengatasinya.

1. Kulit mengalami dehidrasi

Dehidrasi menurunkan volume aliran darah ke kulit, membuatnya terlihat pucat. Dehidrasi juga bisa dikategorikan sebagai masalah kulit jangka panjang. Dehidrasi terus menerus akan menyebabkan kerusakan permanen, seperti garis-garis halus, kulit kendur, dan kerutan. Usahakan untuk minum delapan gelas air dalam sehari.

2. Tidak melakukan eksfoliasi

Ada langkah yang sangat penting dan sering dilewatkan, yaitu eksfoliasi. Kekeringan adalah penyebab paling umum dari kulit kusam dan eksfoliasi memungkinkan produk yang digunakan terserap lebih baik ke dalam kulit.

Lakukan eksfoliasi sebagai salah satu rutinitas perawatan kulit, secara rutin. Jika kamu mencoba eksfoliasi kimia, jangan gunakan scrub fisik atau sikat pembersih secara bersamaan.

3. Tidak melembapkan secara teratur

Kulit kusam butuh dilembapkan. Gunakan pelembap dengan bahan, seperti ceramide yang membantu memperbaiki fungsi kulit, meningkatkan retensi air.

Atau asam hialuronat yang mengumpulkan sel kulit untuk menarik air. Aplikasikan pelembap dengan lembut ke arah atas untuk meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang sel-sel kulit di sekitar wajah dan leher.

 

 

Faktor stres, kurang tidur, dan lingkungan

Ilustrasi kecantikan
Ilustrasi kecantikan. Sumber foto: unsplash.com/Daniel Spase.

4. Stres

Stres memainkan peran besar untuk kulit. Stres menyebabkan peningkatan kortisol yang mempengaruhi aliran darah ke kulit dan perbaikan kulit.

Luangkan waktu untuk melakukan manajemen stres. Cobalah untuk menenangkan pikiran dan mengelola stres untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit.

5. Kurang tidur

Tidur dapat menjadi waktu pemulihan tubuh ketika sel-sel kulit memperbaiki diri dan beregenerasi. Jika periodenya diperpendek atau diubah, sel-sel kulit tidak dapat bekerja secara optimal.

Tidurlah minimal sembilan jam dalam sehari. Dan jangan lupa mengaplikasikan krim malam sebelum tidur untuk kondisi kulit terbaik di pagi harinya.

6. Lingkungan

Lingkungan bisa mempengaruhi kulit melalui polusi udara, kelembapan rendah, angin kencang, dan paparan UV. Usahakan untuk selalu mencuci muka sebelum pergi tidur, gunakan produk antioksidan setiap pagi, jangan lewatkan penggunaan tabir surya.

Merokok, menggunakan makeup matte, dan makan makanan tidak sehat

Ilustrasi kecantikan
Ilustrasi kecantikan. Sumber foto: unsplash.com/Jacob Pustome.

7. Merokok

Merokok sangat berbahaya bagi kulit, entah dalam jangka pendek, maupun jangka panjang. Zat karsinogenik sangat merusak integritas dan struktur kulit, membuatnya tampak pucat dan berkerut. Cobalah untuk berhenti merokok.

8. Berlebihan menggunakan makeup matte

Sebaiknya hindari makeup matte dan pembersih kulit wajah yang mengandung alkohol. Gunakan foundation atau krim BB yang memiliki pigmen, membuat tampilan kulit wajah menjadi lebih sehat.

9. Tidak makan makanan sehat

Kamu adalah apa yang kamu makan. Hindari makanan asin dan olahan karena dapat meningkatkan pembengkakan jaringan melalui retensi cairan, memperlambat refleksi cahaya yang ideal.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓